Peserta Temu Usaha Dinkop UKM Sleman Langsung Dapat Tawaran Kerjasama

DINKOP UKM SLEMAN – Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sleman melaksanakan kegiatan Pengembangan Sarana Pemasaran Produk UMKM (Temu Usaha) Se-Kecamatan Ngaglik yang dimulai pada tanggal 2 Mei hingga 4 Mei 2018.

Acara ini diisi dengan kegiatan mentoring di kelas pada dua hari pertama kegiatan, kemudian ditutup dengan agenda kunjungan kerja ke sejumlah sentra usaha.

Dua lokasi yang dikunjungi peserta meliputi Hamzah Batik di Kaliurang dan Trion’s Gallery Malioboro.

Banyak ilmu dan inspirasi yang diperoleh para peserta selama berlangsungnya kunjungan tersebut.

Semisal di Hamzah Batik dimana peserta melihat secara langsung bagaimana produk yang dikategorikan layak jual.

Demikian halnya ketika kunjungan ke Trion’s Gallery Malioboro. Peserta memeroleh pelajaran tentang bagaimana mengelola usaha dan bagaimana menghadapi pasang surut dalam bisnis. Pelajaran berharga itu diambil dari kisah sukses Trion’s Gallery yang sudah menggeluti usahanya selama lebih dari 17 tahun.

“Suatu saat UMKM juga harus siap mengalami pasang surut. Dikala surut harus secepatnya bisa membaca pasar untuk mengalihkan usahanya, Sehingga bisa menjaga keberlangsungan hidup. Bagaimana melihat hal-hal sederhana tetapi bisa menghasilkan hal yang besar dan mendapatkan keuntungan,” demikian paparan yang diterima para peserta saat berkunjung ke Trions Gallery Malioboro.

Adapun Temu Usaha tersebut merupakan respon terhadap usulan dari Desa dan Kecamatan melalui Musrenbang Tahun 2018.

Kegiatan ini akan dilaksanakan sebanyak empat angkatan, meliputi dua angkatan merupakan usulan dari Kecamatan Nganglik, satu angkatan berasal dari Kecamatan Mlati dan satu angkatan lagi berasal dari usulan Kecamatan Ngemplak.

Diharapkan kegiatan ini bisa menjadi sarana untuk membangun kemitraan dan mengenalkan pasar bagi UKM yang sudah memiliki produk layak jual.

Terlebih para peserta langsung mendapatkan tawaran kerjasama. Antara lain tawaran kerjasama untuk bergabung dalam kombinasi produk Gendis, baik dari UKM rajut, aksesoris maupun penjahit. Sama halnya dengan Hamzah batik dan Trions Gallery yang juga membuka diri bagi UMKM yang mau bekerjasama. (*)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *