Bupati Sleman Kupas Keberhasilan UMKM Sleman di APKASI Otonomi Expo 2018

DINKOP UKM SLEMAN – Bupati Sleman Sri Purnomo menjadi salah satu pembicara dalam workshop UMKM yang diselenggarakan oleh APKASI, pada acara APKASI OTONOMI EXPO 2018 di ICE BSD Tangerang pada sabtu (7/6/2018).

Dalam workshop yang bertema Pemberdayaan UMKM: Medongkrak Daya Saing dan Menangkan Persaingan Era Pasar Bebas tersebut, juga hadir Abdul Kadir Damanik Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha, Kementerian Koperasi dan UKM RI, Perbankan Joko Purwanto Perwakilan dari BNI Pusat yang membawakan materi Dukungan Pembiayaan Sektor Perbankan sebagai Nutrisi UMKM dalam memenangkan persaiangan.

Bupati Sleman Sri Purnomo saat menjadi pembicara dalam workshop UMKM yang diselenggarakan oleh APKASI, pada acara APKASI OTONOMI EXPO 2018 di ICE BSD Tangerang pada sabtu (7/6/2018)

Adapun dalam kesempatan tersebut, Bupati Sleman Sri Purnomo berkesempatan untuk mengupas berbagai pengalaman dalam menumbuhkan dan penguatan kewirausahaan masyarakat melalui pemberdayaan UMKM.

Kepada para peserta workshop yang terdiri atas para pelaku UKM, para Kepala Dinas Koperasi dan UKM serta para Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Sri Purnomo menyampaikan bahwa di Sleman telah tumbuh dan berkembang 27.381 UKM dengan jumlah usaha mikro sebanyak 23.275 UKM dan usaha kecil sebanyak 3.681.

Sri Purnomo menyampaikan bahwa untuk mengembangkan dan memperkuat UKM, maka strategi yang harus dilakukan adalah dengan meningkatkan peran serta masyarakat melalui pemberdayaan kelompok masyarakat.

Bupati Sleman Sri Purnomo saat menjadi pembicara dalam workshop UMKM yang diselenggarakan oleh APKASI, pada acara APKASI OTONOMI EXPO 2018 di ICE BSD Tangerang pada sabtu (7/6/2018)

Kemudian meningkatkan pendapatan dan kesempatan kerja melalui pemberdayaan pelaku usaha mikro dan meningkatkan daya dukung kegiatan ekonomi melalui peningkatan akses pada lembaga ekonomi dan keuangan.

Untuk meningkatkan daya saing selain kualitas produk juga diperlukan promosi yang terus menerus.

Pemerintah daerah juga harus memberikan fasilitasi promosi dan pemasaran terutama bagi ukm yang belum berdaya tidak hanya dipasar dalam negeri dan luar negeri.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sleman mempersilahkan bagi daerah lain yang ingin melakukan kunjungan kerja untuk studi tiru di Kabupaten Sleman. (*)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *