Stand Sleman Jadi Juara Umum di Apkasi Otonomi Expo 2018

DINKOP UKM SLEMAN – Stand pameran yang dikirimkan Pemerintahan Kabupaten Sleman keluar sebagai juara umum dalam event bertajuk Apkasi Otonomi Expo 2018 yang berlangsung di ICE BSD Tangerang.

Dari tujuh kriteria yang dilombakan, Stand Kabupaten Sleman berhasil meraih tiga kejuaraan, meliputi juara umum, juara 3 stand komunikatif dan juara 3 spesial desain.

Stand Kabupaten Sleman di Pameran Apkasi Otonomi Expo 2018 Tangerang

Wajar saja, stand yang digunakan untuk memamerkan produk-produk unggulan UKM sleman ini dikemas apik dengan desain nuansa alam. Semisal menggunakan struktur bambu dengan latar belakang gambar pemandangan Tebing Breksi.

Sementara materi yang dipamerkan yakni potensi Sleman yang merupakan potensi binaan Dinas pertanian, tanaman pangan dan perikanan, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Perindustrian dan perdagangan, Dinas penanaman modal pelayanan perijinan terpadu, Dinas Pariwisata, dan Dinas Kebudayaan.

Stand Pameran dari Sleman menjadi juara umum dalam Apkasi Otonomi Expo 2018

Dalam kegiatan Pameran tersebut dilibatkan 8 orang pengeola UKM yakni 1 orang perwakilan dari Assosiasi pengusaha industri makanan dan minuman (ASPIKA) yang membawa produk dari 15 orang anggotanya. Satu orang dari assosiasi batik Sleman Mukti Manunggal yang membawa produk dari 27 pengrajin batik anggotanya. Satu 1 orang dari Assosiasi Pasar Tani (ASPARTAN) yang membawa produk dari 20 orang anggotanya serta 4 orang UKM mandiri.

Lantaran kemasan dan materi yang dibawa, maka tak heran jika setiap hari stand ini selalu dipadati pengunjung. Salah satu daya tarik yang menjadi magnet adalah pojok angkringan yang menyajikan kopi merapi Sumijo, wedang secang dengan nasi kucing dan gorengan yang diiringi dengan seni cokek’an.

Hebatnya, meskipun tidak ditekankan untuk retail, namun demikian pengungjung antusias untuk membeli prooduk Sleman yang dipamerkan.

Ini dibuktikan dengan adanya transaksi kurang lebih Rp 85 juta selama tiga hari pelaksanaan pameran. Selain itu, telah terjadi penjajagan kerjasama ukm kerajian assesoris perhiasan dengan pengusaha dari kota makasar, pati dan itali, selain itu juga ukm ecoprint dengan pengusaha dari Jogja.

Adapun Pameran Apkasi Otonomi Expo 2018 yang mengusung tema “Meningkatkan Daya Saing Daerah Dalam Merebut Pasar Global” ini sudah digelar mulai Jumat (6/7/2018) hingga Minggu (8/7/2018).

Kegiatan yang dibuka oleh Presiden Joko Widodo ini diikuti oleh Pemerintah Kabupaten, Kota, Provinsi, Kementerian, Lembaga Negara Non Kementerian, BUMN, lembaga donor, perusahaan swasta nasional dan multinasional, Atase Perdagangan Luar Negeri, para pelaku usaha/Industri Kecil Menengah, mahasiswa, serta masyarakat umum. (*)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *