Dinkop UKM Sleman Perkuat Jaringan Kerjasama Antar KUD

DINKOP UKM SLEMAN – Dalam rangka memperkuat jaringan kerjasama antar koperasi unit desa (KUD), Dinas Koperasi dan UKM Sleman menyelenggarakan kegiatan Workshop Forum Komunikasi KUD se Kabupaten Sleman.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sleman Drs. Pustopo yang didampingi oleh Kabid Koperasi Ir. Teguh Budiyanta.

Dalam sambutannya Kadinas mengatakan bahwa tantangan koperasi ke depan semakin berat, karena saat ini perkembangan dunia usaha sangat cepat sekali, para pelaku usaha swasta sudah melangkah jauh ke depan. Jika tak mau ketinggalan, maka koperasi harus mengikuti perkembangan dunia usaha termasuk penggunaan teknologi informasi.

“Harapan saya KUD dalam meningkatkan skala usaha harus mau menjalin kerjasama dengan pihak lain termasuk dengan perorangan maupun swasta. Kembangkan usaha produksi yang berbasis pedesaan, karena KUD sudah mempunyai pengalaman dalam bidang ini,” paparnya.

ia mencontohkan, semisal kerjasama dengan pemerintah desa dengan membentuk BUMDESA, atau kerjasama dengan kelompok tani dan gabungan kelompok tani dalam penyediaan sarana produksi pertanian.

“Tinggalkan transaksi transaksi manual menjadi transaksi berbasis digital,” tambahnya.

Adapun, peserta workshop ini sebanyak 20 orang yang merupakan pengurus atau pengelola KUD se Kabupaten Sleman. Harapan dari peserta kegiatan seperti ini untuk rutin dilaksanakan karena sangat bermanfaat bagi KUD untuk meningkatkan wawasan dalam mengelola usaha KUD. (*)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *