Kegiatan : Pelatihan Kewirausahaan Pelaku Usaha Mikro di Cangkringan

Pelatihan Kewirausahaan di Kecamatan Cangkringan

DINKOP UKM SLEMAN – Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah bersama dengan Pemerintah Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman menyelenggarakan Pelatihan Kewirausahaan bagi Pelaku Usaha Mikro (PUM).

Kegiatan ini merupakan salah satu Program Unggulan Partisipatif Masyarakat (PUPM) yang diusulkan oleh desa dan kecamatan pada tahun 2017.

Adapun pelatihan yang berlangsung selama 3 hari terhitung sejak tanggal 9 – 11 Agustus 2018 ini diikuti oleh 20 peserta dari berbagai sektor usaha. Antara lain makanan dan minuman, olahan hasil susu, olahan hasil jamur, kerajinan, usaha jasa, budidaya dan jual beli tanaman serta sektor perdagangan.

Pelatihan Kewirausahaan di Kecamatan Cangkringan

Pelatihan kali ini dibuka oleh Ibu Sekretaris Dinas Koperasi UKM didampingi Camat Cangkringan, Kepala Desa Argomulyo , dan Kepala Seksi Pengembangan Usaha Mikro.

Materi yang diberikan antaral ain AMT, strategi pemasaran dan peluang bisnis, Pembukuan sederhana dan studi kelayakan bisnis, kiat praktis branding, bisnis model canvas, Serta paparan tentang manfaat perijinan dan penguatan modal dalam mengembangkan usaha.

Pemateri pada pelatihan ini adalah motivator, praktisi dan akademisi yang berkompenten dan memiliki kepedulian pada penumbuhan dan pengembangan Usaha Mikro. Antara lain dari Matahati Jogja, LSC, Golek Banyu Bening, dan PLUT.

Pelatihan Kewirausahaan di Kecamatan Cangkringan

Selama pelatihan, peserta mendapatkan fasilitas berupa : makan minum, tas, alat tulis, buku modul, materi, sertifikat, dan bantuan uang transport.

Dengan pelatihan ini diharapkan ada peningkatan kapasitas para pelaku usaha mikro dalam memanage usahanya. Sehingga harapan untuk membuat mereka menjadi pelaku usaha yang tangguh, mandiri, inovatif dan punya daya saing bisa segera terwujud. (*)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *