UGM Sukses Gelar Olimpiade Koperasi Siswa Nasional 2018

DINKOP UKM SLEMAN – Koperasi “Kopma UGM” Sabtu (27/10) menyelenggarakan Olimpiade Koperasi Siswa Nasional atau Olikopsisnas 2018.

Kompetisi yang diikuti oleh 23 SMA sederajat ini dalam rangka meningkatkan wawasan siswa sebagai generasi muda dalam meningkatkan pendidikan perkoperasian.

Acara ini sekaligus untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke 90.

Olikopsisnas 2018 kali ini mengambil tema “E Cooperative for youth generation”, acara ini dihadiri oleh Deputi Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM RI Untung Tri Basuki, Direktur Kemahasiswaan UGM Dr Suhariyadi, Kepala Bidang Koperasi Dinas Koperasi dan UMKM DIY Sultoni Nur Rifai, Kepala Bidang Koperasi Dinas Koperasi UKM Sleman, dan Prof Didi Achiari selaku pembina Kopma UGM.

Dalam sambutan pembukaan Deputi Bidang Kelembagaan Untung Tri Basuki menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada Kopma UGM yang telah melaksanakan Olikopnas 2018 untuk yang ketiga kalinya.

Pada tahun 2009 Kementerian Koperasi UKM RI pernah menyelenggarakan kegiatan seperti ini dengan nama Jambore Nasional Koperasi Siswa yang tujuannya untuk mewujudkan generasi emas bersama koperasi.

Badan usaha koperasi tujuannya tidak semata mata mencari keuntungan karena yang lebih penting adalah manfaat atau benefit dari usaha koperasi dapat dimanfaatkan oleh para anggotanya yang tidak bisa diukur dengan uang.

Sedangkan Direktur Kemahasiswaan UGM Suharyadi mengatakan bahwa perkembangan koperasi Kopma UGM cukup membanggakan, karena Kopma UGM merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa yang mempunyai misi pendidikan kewirausahaan secara riil.

Di UGM sendiri ada beberapa program studi kewirausahaan yang bekerjasama dengan mitra untuk melakukan pelatihan pelatihan. Harapannya Kopma menjadi besar sebagai wahana untuk latihan kewirausahaan secara riil. (*)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *