KISAH SUKSES : Koperasi Tamanmartani Sejahtera, Sisihkan SHU Untuk Tanggulangi Kemiskinan

Koperasi Tamanmartani Sejahtera

DINKOP UKM SLEMAN – Koperasi merupakan soko guru ekonomi sekaligus pembangunan desa dan diharapkan mampu menjadi wadah sekaligus jembatan bagi warga untuk lebih maju dan sejahtera.

Hal itulah yang coba dilakukan Koperasi Tamanmartani, yang ada di Desa Tamanmartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta.

Awalnya merupakan lembaga UPK PNPM Mandiri Perkotaan Desa Tamanmartani kamudian berkembang menjadi koperasi simpan pinjam biasa. Sejak adanya program Desa Mandiri Lestari yang dilaksanakan oleh Yayasan Damandiri Koperasi Tamanmartani Sejahtera terus berbenah melakukan inovasi-inovasi

Kini Tamanmartani Sejahtera berubah menjadi koperasi serba usaha, serta mengelola sejumlah unit usaha seperti warung Damandiri yang menjadi bagian program Desa Mandiri Lestari. Tak hanya itu, juga mengelola 12 homestay milik warga yang berdiri atas bantuan Yayasan Damandiri.

Koperasi Tamanmartani Sejahtera juga berupaya memajukan rintisan usaha warga di bidang pariwisata tersebut. Yakni dengan meningkatkan fasilitas sesuai tuntunan yang ada.

Untuk saat ini koperasi mengelola aset sebesar 1,4 milyar, ujar Siti Maemunah selaku manajer koperasi. Lebih jauh Siti memaparkan faktor pendukung keberhasilan bisa menembus aset miliyaran tersebut di antaranya, sistem manajemen pengelolaan yang bagus, transparan dan akuntabel.

“Sehingga masyarakat bisa percaya dan mantap masuk menjadi anggota,” imbuhnya.

Selain itu, Koperasi Tamanmartani juga sangat terbuka untuk menjalin kerja sama dengan pihak luar dalam rangka memajukan koperasi.

“Kami juga menyisihkan SHU bersih sebesar 40% untuk penanggulangan kemiskinan”.

Koperasi Tamanmartani Sejahtera dengan program penanggulangan kemiskinan

Ini sangat berbeda jauh dengan koperasi- koperasi lain yang lebih berkutat pada anggota atau pengurusnya saja,” jabar Siti.

Sisa Hasil Usaha (SHU) bersih tersebut menurut Siti memang telah dialokasikan untuk penanggulangan kemiskinan.

Koperasi Tamanmartani Sejahtera dengan program penanggulangan kemiskinan

Program penanggulangan kemiskinan yang dilakukan oleh koperasi Tamanmartani di antaranya pembangunan jamban untuk warga miskin, pembangunan sumur dan saluran pembuangan air limbah (spal), rehab rumah tidak layak huni, serta santunan lansia miskin.

Koperasi Tamanmartani Sejahtera dengan program penanggulangan kemiskinan

“Bantuan itu diberikan secara cuma- cuma, bukan pinjaman,” ungkapnya.

Tercatat hingga saat ini koperasi yang beralamat di Kompleks Kantor Desa Tamanmartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta ini beranggotakan hingga 500 orang. (*)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *