Kegiatan : Sleman Gelar Workshop Penyaluran Dana Bergulir KUMKM

SLEMAN – Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman bekerjasama dengan Lembaga Penyaluran Dana Bergulir (LPDB) KUMKM menyelengarakan workshop LPDB di Prima SR Hotel & Convention pada Selasa (12/9/2019).

Acara yang diikuti oleh 30 perwakilan koperasi di Kabupaten Sleman ini menghadirkan dua narasumber utama yakni Staf Ahli Bupati Bidang Kesejahteraan Rakyat, Suci Iriani Sinuraya dan Kabag Monitoring dan Evaluasi LPDB, Dwi Tunggul Wicaksono.

Adapun workshop ini digelar sebagai sarana untuk memberikan informasi kepada koperasi yang ada di Kabupaten Sleman tentang bagaimana caranya memperoleh penguatan modal melalui LPDB-KUMKM.

Sebagai informasi, saat ini koperasi dapat mengakses dana minimal Rp 150 juta sampai dengan maksimal Rp 50 miliar. Sementara jangka waktu investasi mencapai 10 tahun dan modal kerja selama 4 tahun.

Untuk suku bunga Nawacita yang meliputi pertanian, perikanan, perkebunan, energi terbarukan dan pariwisata yakni sebesar 4,5% per tahun dan untuk sektor riil suku bunganya sebesar 5% per tahun. Adapun untuk simpan pinjam suku bunganya sebesar 7% per tahun, dan untuk pola syariah dengan sistem bagi hasil 60:40.

Selain penguatan modal melalui LBDPB-KUMKM, baik itu Koperasi maupun UKM di Sleman juga dapat mengakses dana penguatan modal melalui Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman. Caranya adalah dengan mengajukan proposal. Namun sebelum disetujui, proposal-proposal tersebut akan melalui tahap verifikasi terlebih dahulu. Bantuan ini memiliki suku bunga sebesar 6% per tahun dengan jangka waktu pengembalian 2 tahun dengan gres periode 4 bulan.

Baca juga :

Prosedur Permohonan Penguatan Modal UKM

Prosedur Permohonan Penguatan Modal Koperasi

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi langsung Dinas Koperasi dan UKM Sleman. (*)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *