Kegiatan : Pelatihan Kewirausahaan bagi Warga Pra Sejahtera di Kecamatan Seyegan

Pelatihan Kewirausahaan Kecamatan Seyegan

SLEMAN – Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sleman bersama dengan Pemerintah Kecamatan Seyegan mengadakan Pelatihan Kewirausahaan yang di khususkan bagi warga pra sejahtera di Balai Desa Margodadi, Seyegan pada hari Senin (19/3/2019).

Kegiatan ini merupakan salah satu Program Unggulan Partisipatif Masyarakat (PUPM) yang diusulkan oleh dusun, desa dan kecamatan pada tahun 2018.

Adapun Pelatihan Kewirausahaan kali ini dibuka oleh Kepala Desa Margodadi, Kasi Pembangunan Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Seyegan serta Kepala Seksi Pengembangan Usaha Mikro Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sleman.

Dalam sambutannya Subandi sebagai Kepala Desa Margodadi menekankan untuk mengikuti proses Pelatihan Kewirausahaan tersebut selama 3 hari penuh, dengan harapan peserta dapat mengambil ilmu selama pelatihan dan mengaplikasikan dalam kegiatan sehari – hari khususnya dalam bidang jasa penjualan.

Sedangkan Siti Baroroh selaku Kasi Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Seyegan menegaskan mengenai pentingnya pembuatan IUMK dan manfaat yang didapat antara lain sebagai kepastian perlindungan hukum dalam usaha, dalam poin kedua disampaikan juga mengenai agenda pasar lebaran yang akan diadakan oleh Kecamatan Seyegan dalam menyambut hari raya Idul Fitri.

Harapanya agenda ini bisa diikuti oleh Peserta Pelatihan Kewirausahaan guna meningkatkan perekonomian serta mengenalkan produk kepada khalayak umum.

Selama tiga hari peserta Pelatihan Kewirausahaan di diisi dengan berbagai macam materi yg disampaikan oleh narasumber dan praktisi, mulai dari motivator, pelatih, akademisi, instruktur ahli serta pengusaha yang berkompeten dalam bidang kewirausahaan UMKM.

Dihadirkan pula Pegadaian sebagai salah satu lembaga keuangan non perbankan, utk tutur berperan serta dalam upaya penumbuh dan pengembangan UMKM.

Materi pembelajaran antara lain pembukuan sederhana, pengembangan SDM dan penumbuhan jiwa entrepreneur, serta strategi pemasaran dan legalitas usaha.

Pada kesempatan kali ini tidak lupa juga terdapat sesi tanya jawab yang bertujuan untuk mengurai masalah serta memberikan berbagai solusi kepada peserta pelatihan.

Pada Pelatihan Kewirausahaan angkatan ke-6 kali ini di tentukan pula peserta terbaik yaitu “Istri Samsiyati” dengan komoditas usaha Catering Makanan yang berlokasi di Dusun Cibuk Kidul, Margoluwih, Seyegan, Sleman.

Produk yang ditawarkan antara lain arem-arem, lumpia, resoles, agar-agar dan berbagai macam jenis kue dan makanan lainnya.

Dengan terpilihnya peserta terbaik, diharapkan bisa menjadi pelecut semangat bagi peserta pelatihan yang lain untuk lebih berkembang dan memotivasi dalam inovasi produk serta pemasarannya.

Dengan mengangkat tema Bermuatan Lokal, Berdaya Saing Global, semoga UMKM Sembada di Kabupaten Sleman segera bisa terwujud nyata.

BRAVO UMKM….

Galeri Kegiatan :

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *