ICSB Sleman Terbentuk, Peluang UKM Go Internasional Makin Terbuka Lebar

Mentri Koperasi Anak Agung Gede Ngurah Puspa Yoga, Chairman ICSB Indonesia Hermawan Kertajaya, bersama Bupati Sleman Sri Purnomo

SLEMAN – Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman bersama Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman menggelar welcome dinner untuk anggota ICSB (Internasional Council for Small Business).

Kegiatan ini dimulai dari agenda seminar eutrepeneur di UGM oleh Hermawan Kertajaya pada Hari Jum’at tanggal 29 Maret 2019 dari jam 13.30 s/d jam 16.00 WIB. Dilanjutkan dengan wellcome dinner di Pendopo Parasamya Kabupaten Sleman yang dihadiri oleh Mentri Koperasi Anak Agung Gede Ngurah Puspa Yoga, Chairman ICSB Indonesia Hermawan Kertajaya, Presiden ICSB Indonesia Jacky Mussry, Board of Experts ICSB Hendra Warsita dan Ketua ICSB DIY Gusti Bendara. Selain itu hadir pula ketua ICSB Bangka Belitung yang juga merupakan istri gubernur Babel.

Acara yang dihadiri lebih dari 300 orang tersebut sekaligus menjadi pengukuhan anggota (ICSB) dari berbagai daerah di wilayah Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Timur. Serta pertemuan berikutnya akan dilaksanakan di Pulau Dewata pada bulan berikutnya dengan target peserta yang lebih banyak lagi.

Dengan adanya Pengukuhan anggota ISCB terutama di Daerah Istimewa Yogyakarta ke depan diharapkan bisa mendongkrak daya saing produk lokal hingga menuju level yang tertinggi (Go Internasional) serta menciptakan UMKM yang mandiri, kreatif, tangguh dan inovatif.

Adapun kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan ICSB di DIY yang mana ICSB ini adalah organisasi non-profit internasional yang memiliki perhatian pada pendidikan, penelitian serta pertukaran ide untuk mengembangkan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah di dunia.

ICSB didirikan pada tahun 1955 dan saat ini telah memiliki perwakilan di 85 negara. Kantor pusat ICSB sendiri berada di George Washington University, Amerika Serikat.

Sejak tahun 2015, ICSB menjadi mitra strategis Global Entrepreneurship Monitor (GEM), sebuah penelitian global paling bergengsi tentang kewirausahaan yang menjadi referensi bagi Perserikatan Bangsa-Bangsa, World Economic Forum, World Bank dan Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD).

Pada tahun 2015 ICSB juga telah mengembangkan model Humane Entrepreneurship (HE) sebagai konsep kewirausahaan yang mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan, terutama kepada karyawan sebagai konsumen internal.

Struktur organisasi dari ICSB merupakan kolaborasi antara institusi pemerintah dengan praktisi yang terdiri dari unsur : Akademisi, Peneliti, Pemerintah dan Pelaku bisnis. Dengan terbentuknya ICSB di Kabupaten Sleman, diharapkan perkembangan UMKM akan semakin meningkat, karena akan tergabung kedalam group kemitraan ICSB di tingkat Nasional maupun Internasional, mengingat sejak tahun 2015, ICSB menjadi mitra strategis Global Entrepreneurship Monitor (GEM), sebuah penelitian global paling bergengsi tentang kewirausahaan yang menjadi referensi bagi Perserikatan Bangsa-Bangsa, World Economic Forum, World Bank dan Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD).

Dalam sambutannya Menteri Koperasi mengatakan bahwa masih banyak UKM sulit menembus pasar ekspor karena kemapuan jaringan internasionalnya masih rendah. Ia menambahkan bahwa pemerintah sudah membuat berbagai kebijakan yang memberi kemudahan bagi UKM untuk dapat melaksanakan ekspor.

Salah satunya adalah dengan program Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) yang memberikan pembebasan bea masuk bahan baku impor untuk produk tujuan ekspor bagi UKM.

Selain itu, kebijakan pemberian HAKI yakni hak hak cipta dan hak merek gratis bagi UKM, maka pelaku UKM memiliki perlindungan terhadap produknya dan tidak perlu takut lagi untuk ekspor. Serta kebijakan lainnya, seperti penurunan bunga KUR dan penurunan pajak UKM dan koperasi.

Guna mengantisipasi UKM sulit menembus ekspor karena minimnya pengetahuan terhadap jaringan pasar global, maka dengan adanya ICSB diharpakan akan membantu UKM masuk ke pasar internasional.

Puspayoga bersama Hermawan Kartajaya merupakan pendiri ICSB Indonesia. ICSB Indonesia membantu pengembangan UKM di tanah air bersama empat pilar, yaitu pemerintah, pelaku usaha, akademisi dan peneliti.

“Saya tertarik ikut mendirikan ICSB karena fokusnya pada ekspor produk UKM,” lanjut Puspayoga.

Sementara itu, Chairman ICSB Hermawan Kartajaya pada Rakernas tersebut melantik pengurus ICSB Yogyakarta.

Ia mengemukakan ICSB regional sudah terbentuk antara lain di provinsi Jawa Barat, Bangka Belitung, Bali, Banten, Sumatera Utara, Jambi, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Papua dan Sumatera Selatan.

Pihaknya juga akan terus mengembangkan ICSB di tanah air untuk mendorong UKM berperan dalam bisnis global. Karena itu, Hermawan menargetkan ICSB akan masuk semua daerah dengan berkolaborasi bersama empat pilar ICSB.

Sementara itu Bupati Sleman Sri Purnomo menyambut baik dengan bedirinya ICSB di Kabupaten Sleman, karena akan mengangkat UKM Sleman ke kancah internasional.

Dalam beberapa sambutannya yang disampaikan pada saat Reker (30/3) di Grand Keisha Hotel Hermawan Kertajaya selaku Presiden dari ISCB Indonesia memaparkan beberapa hal antara lain : Agar membuat eksis Small Business di kalangan pelaku UMKM di Indonesia , Mencetak penggiat usaha dalam bentuk vokasi usaha mandiri yang berupaya setara dunia, Kepala Dinas Koperasi dan UKM diharapkan aktif dan berkolaboratif, Prestasi UMKM harus diutamakan tetapi dari sisi lain harus untung nirlaba, Beraktivitas di daerahnya merebut pasar lokal lokal hingga internasional.

Berikut ini merupakan Draft Susunan Kepengurusan ICSB Sleman Periode Tahun 2019 – 2021

Dewan Pembina :

Ketua : Bupati Sleman

Anggota :
1. Wakil Bupati Sleman
2. Ketua Dekranasda
3. Soekeno

Kepengurusan Daerah :

Ketua : Drs Pustopo
Wakil Ketua : Muhammad Sigit, SE, M.Si
Sekretaris : Dra. Endah Sri Widiastuti, MPA
Wakil Sekretaris : Endah Wening, SE, M.Sc
Bendahara : Nur Indah Widiastuti
Wakil Ketua Bidang Akademik : Dr A.M. Kusnadi, SE, M.Si
Wakil Ketua Bidang Riset : Dr. Ir Edia Rahayu Ningsih
Wakil Ketua Bidang Hubungan Pemerintah : AR. Atik Damayanti
Wakil Ketua Bidang Hubungan Korporasi : Dra. Tri Endah Yitnani, M.Si
Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan Komunitas : Dr Hempri Suyatno, S.Sos, M.Si

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *