Workshop : Cara Mendapatkan Dana Penguatan Modal Koperasi di Sleman

SLEMAN – Dinas Koperasi,Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sleman menyelenggarakan kegiatan workshop dana penguatan modal bagi 30 koperasi pada Selasa (9/4/2019) di Prima SR Hotel & Convention.

Dana penguatan modal sendiri merupakan dana bergulir yang salah satunya disediakan untuk koperasi yang dapat dimanfaatkan sebagai penguatan modal.

Bertindak selaku narasumber yaitu kepala Dinas Koperasi UKM Kab. Sleman Drs. Pustopo dan Kepala Bidang Koperasi Ir. Teguh Budiyanta.

Dalam paparannya, Kepala Dinas KoperasiBapak Drs. Pustopo, mengatakan bahwa pemberian penguatan modal ini sesuai dengan program Kementerian Koperasi dan UKM RI yaitu reformasi koperasi yang di dalamnya ada kegiatan rehabilitasi, reorientasi dan pengembangan koperasi.

Dana Penguatan Modal sendiri dimaksudkan untuk dapat mengembangkan koperasi karena untuk mengakses dana tersebut koperasi hanya memberikan kontribusi sebesar 6% per tahun atau 0.5% per bulan.

Koperasi yang ingin mengakses dana penguatan modal minimal sudah melaksanakan RAT paling sedikit 2 tahun berturut turut.

Sementara itu, Kepala Bidang Koperasi Ir. Teguh Budiyanta menambahkan bahwa untuk mengakses dana penguatan modal koperasi harus mengajukan proposal beserta persyaratan pengajuan.

Dari proposal yang masuk nantinya akan ada verifikasi oleh tim verifikasi dana penguatan modal yang ada di Dinas Koperasi UKM Kab. Sleman, mencakup verikasi berkas maupun verifikasi lapangan.

Apabila pengajuan sudah diterima maka akan memperoleh rekomendasi pencairan dana penguatan modal ke UPT Pengelolan Dana Penguatan Modal. (*)

Galeri Kegiatan :

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *