Roadshow : Sleman Gelar Workshop Forkom UMKM di 17 Kecamatan

Workshop Forkom UMKM di Kecamatan Minggir

DINKOP UKM SLEMAN – Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman menyelenggarakan Workshop Forum Komunikasi UMKM Tingkat Kecamatan se Kabupaten Sleman. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Workshop Kemitraan UMKM di Tingkat Kabupaten pada tanggal 13 Maret 2019 yang dihadiri oleh seluruh ketua dan Koordinator Forkom UMKM Kecamatan dan Kasi Ekobang seluruh Kecamatan di Sleman.

Workshop yang dilaksanakan di 17 Kecamatan se kabupaten Sleman dilaksanakan secara roadshow selama 17 kali pada tiap kecamatan dengan target audien anggota baru Forkom UMKM Kecamatan dan kasi kesejahteraan desa.

Kegiatan dimulai dari bulan April hingga Juni 2019, yang mana pada bulan April dan awal Mei telah dilaksanakan di 6 kecamatan, berhubung pada bulan Mei seluruh pegawai Dinas Koperasi UKM dan pelaku UMKM Sleman terkonsentrasi pada kegiatan Pasar Lebaran dan persiapan lebaran yang nota bene orderan kepada UMKM meningkat maka untuk Kegiatan Workshop Forum Komunikasi UMKM dilanjutkan setelah lebaran yaitu pada tanggal 13 Juni 2019 di Kecamatan Minggir.

Acara bertempat di Warung Makan Bok Renteng, Nyangkringan, Sendangrejo, Minggir, Sleman dan tanggal 14 Juni 2019 dan di Kecamatan Godean bertempat di Rumah Makan dan Pemancingan Tempo Dulu Jl. Godean Km 8, Klajuran, Sidokarto, Godean, Sleman.

Workshop Forkom UMKM di Kecamatan Godean

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Seksi Ekonomi Pembangunan Kecamatan setempat selaku pembina UMKM di tingkat kecamatan. Kasi ekobang menegaskan agar UMKM memanfaatkan setiap fasilitasi yang diberikan oleh dinas dan pihak lain untuk kemajuan bersama.

Workshop Forum Komunikasi UMKM dilakasanakan di tiap kecamatan se Kabupaten Sleman dengan harapan komunikasi antar pelaku UMKM dapat berjalan dengan lancar, baik dengan sesama pelaku UMKM maupun dengan pemerintah setempat. Pada kesempatan ini sengaja menghadirkan audience selain dari pelaku UMKM juga perangkat desa yaitu Kasi Kesejahteraan sebagai peserta, dengan harapan antara perangkat desa bisa saling mengenal pelaku UMKM di desanya sehingga bisa bersinergi didalam pengembangan UMKM dan pembangunan di desanya dan kedepan juga Forum Komunikasi UMKM bisa terbentuk di masing-masing desa sehingga informasi dapat sampai kepada pelaku UMKM yang ada dipelosok desa.

Kegiatan ini dihadiri dan dibuka oleh kepala Dinas Koperasi UKM Kabupaten Sleman.

Dalam sambutannya Drs Pustopo mengatakan bahwa agar UMKM lebih maju dan berkembang maka harus ada komunikasi yang lancar ,karena UMKM di Kabupaten Sleman lebih dari 37 000, maka komunikasi dari dinas di lakukan melalui koordinator yang akan meneruskan kepada masing-masing anggotanya. Informasi banyak diperoleh apabila menjadi anggota Forum Komunikasi UMKM antara lain fasilitasi penguatan permodalan, fasilitasi promosi melalui kegiatan pameran dan pemasaran online, fasilitasi pelatihan, temu usaha , bantuan untuk wirausaha pemula dlsb. Ditegaskan pula bahwa banyak pelaku UMKM yang mempunyai usaha sama, diharapkan bukan menjadi pesaing tetapi memacu untuk berinovasi sehingga punya keunggulan kompetitif dan pelaku usaha yang sama nantinya bisa menjadi mitra apabila banyak pesanan atau order.

Sebagai narasumber pada kegiatan ini yaitu Bapak Tirta Brachnata dari Indo Asia Trainer and Consultant mengatakah bahwa untuk menjadi maju dan kuat, UMKM harus mempunyai lembaga yang kuat dan solid. Antar anggota untuk saling mendukung dan bekerjasama. Sedangkan narasumber dari PLUT (Pusat Layanan Usaha Terpadu) bapak Imam safi’i mengatakan bahwa agar produk menang dipasaran harus mengenali potensi diri dan mempunyai daya saing yang kuat serta memiliki jaringan pemasaran yang luas.

Kegiatan ini berlangsung sangat lancar dari awal hingga penutupan kegiatan, dan peserta sangat antusias dan aktif berinteraksi dengan narasumber. Berbagai pertanyaan dan permasalahan yang terjadi selama menjalankan usaha diulas bersama. Kepada peserta juga disampaikan apabila masih ada permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UMKM, Dinas Koperasi UKM Sleman juga membuka konsultasi gratis di kantor Jl. Parasamya No.8 Sleman (Lantai Ground) setiap hari Senin dan kamis pada jam 08.00 WIB s/d jam 15.00 WIB. (*)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *