KEGIATAN : Pelatihan Kompetensi Bagi Pengelola Koperasi Simpan Pinjam

DINKOP UKM SLEMAN – Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman menggelar acara pelatihan kompetensi bagi pengelola koperasi simpan pinjam. Program peningkatan kualitas kelembagaan koperasi terutama untuk juru buku ini diselenggarakan mulai tanggal 17 hingga 20 Juni 2019 di Hotel Prima SR.

Dalam pelaksanaannya, Dinkop UKM Sleman bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP-KJK). Lembaga sertifikasi ini bertindak sebagai pengisi materi hingga pada pengujian kompetensi.

Adapun dalam sambutannya, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sleman, Pustopo menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan ini menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kemenkop RI. Nantinya para peserta yang berasal dari 25 unit koperasi di Sleman ini nantinya akan mendapatkan sertifikat uji kompetensi juru buku.

Ia berharap agar koperasi dapat meningkatkan daya saing dan dikelola secara profesional oleh SDM-SDM yang memiliki kompetensi. Sehingga nantinya dapat mendorong pertumbuhan koperasi yang berkualitas.

Sementara pemerintah dalam hal ini berperan untuk memfasilitasi koperasi sehingga mudah memperoleh sertifikasi.

Pengelola usaha simpan pinjam koperasi baik pola syariah maupun pola konvensional memang diharuskan mempunyai sertifikat uji kompetensi yang dikeluarkan oleh lembaga sertifikasi profesional yang telah memperoleh lisensi sesuai peraturan perundang-undangan. Serta sesuai dengan permenkop Nomor 02/PER/M.KUKM/II/2017 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor 15/PER/M.KUKM/IX/2015 tentang Usaha Simpan Pinjam Oleh Koperasi dan juga permenkop Nomor 11/PER/M.KUKM/XII/2017 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah.

(*)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *