KEGIATAN : Workshop Forkom UMKM di Kecamatan Moyudan

DINKOP UKM SLEMAN – Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman menyelenggarakan Workshop Forum Komunikasi UMKM Tingkat Kecamatan di Kecamatan Moyudan. Kegiatan yang mempertemukan antara pelaku UMKM di Kecamatan Moyudan dengan perangkat pemerintahan setempat di lakasanakan di Joglo Gatak, Sumberagung, Moyudan pada Hari Senin tanggal 17 Juni 2019.

Kegiatan dihadiri oleh kepala Seksi Ekonomi Pembangunan Kecamatan Moyudan , Rukmono yang dalam sambutannya menegaskan bahwa UKM untuk dapat cepat maju dan berkembang harus bekerjasama dengan ukm lain, pelaku usaha agar selalu aktif dan siap memanfaatkan posisi Moyudan yang ada di jalur bandara Yogya internasional yang saat ini sudah mulai beroperasi.

Tujuan diselenggarakan workshop Forum Komunikasi di Kecamatan Moyudan yaitu untuk menguatkan kelembagaan Forum Komunikasi UMKM yang sudah ada, sehingga kedepan akan lebih kuat, solid dan makin berkembang hingga ketingkat desa. Dengan terbentukanya Forkom UMKM sampai tingkat desa diharapkan komunikasi dan informasi sampai kepada pelaku UMKM ditingkat pelosok pedesaan.

Sementara itu, dalam sambutannya Kepala Dinas Koperasi UKM Kabupaten Sleman Drs. Pustopo mengatakan bahwa pelaku UMKM di Kabupaten Sleman lebih dari 37 000 sehingga untuk pembinaan belum bisa optimal, maka dengan adanya Forkom UMKM ini diharapkan akan menjembatani komunikasi antara dinas dengan pelaku UMKM yang ada di pelosok pedesaan.

Diharapkan sebagai pengurus adalah orang yang sanggup melayani seluruh anggota dan tidak ada perbedaan dalam pelayanan.
Bila memungkinkan ke depan forkom bisa dibentuk dalam wadah lembaga yang legal seperti misalnya koperasi.

Dengan adanya koperasi maka akan ada efisiensi bagi seluruh anggota, misal dlm pembelian bahan baku bisa dalam jumlah besar untuk dipakai bersama, dalam pemasaran produk anggota bisa dilakukan oleh tim dan akses permodalan akan lebih mudah.

Adapun narasumber dari Indo Asia Training and Development Centre, Sutadi dalam paparannya mengatakan bahwa hal yang pokok harus dilakukan oleh UKM antara lain mempunyai legalitas / ijin usaha , membentuk jaringan kerjasama, menguasai teknologi, mempunyai laporan keuangan dan perencanaan yang matang. Sedangkan narasumber dari PLUT Imam Safi’i menekankan bahwa usaha yang baik harus mempunyai target, mempunyai mimpi yang jelas, visualisasikan mimpi supaya selalu mengingatkan keinginan dan rajin memasarkan produk.

Acara berlangsung lancar, dan peserta mengikutinya dengan antusias sampai dengan penutupan acara.

Disampaikan ke peserta bila masih ada yang perlu ditanyakan secara spesifik dan detail, Dinas Koperasi UKM melayani konsultasi gratis bagi seluruh UMKM Kabupaten Sleman setiap Hari Senin dan Kamis pada pukul 09 s/d 15.00 WIB. (*)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *