Rincian Agenda Acara Peringatan Hari Koperasi ke-72 Tingkat DIY

DINKOP UKM SLEMAN – Gerakan koperasi yang tumbuh dan berkembang di segala lapisan masyarakat sebagai pelaku ekonomi diharapkan dapat mengambil peran strategis, sehingga dapat bermanfaat dalam upaya mengatasi kesulitan ekonomi. Namun demikian perjalanan gerakan koperasi, baik dalam skala nasional maupun lokal, masih mengalami banyak hambatan. Secara internal maupun eksternal koperasi belum menunjukkan kinerjanya sebagai kekuatan ekonomi yang handal. Koperasi secara terus menerus dan berkelanjutan harus dikembangkan agar dapat mewujudkan cita-citanya dalam mensejahterakan anggota dan masyarakat pada umumnya.

Lahirnya gerakan koperasi di Indonesia yang ditetapkan tanggal 12 Juli 1947 atau akrab disebut Hari Koperasi (Nasional), merupakan salah satu Keputusan Konggres I Perjuangan Koperasi Indonesia di Tasikmalaya, pada tanggal 9 s.d. 12 Juli 1947. Itulah sebabnya setiap 12 Juli diperingati oleh bangsa Indonesia sebagai Hari Koperasi.

Pada tanggal 12 Juli 2019 Koperasi Indonesia telah berusia 72 tahun, pada saat itu seluruh gerakan koperasi melakukan instrospeksi diri atas segala tindakan yang dilakukan dalam upaya melaksanakan amanat keputusan rapat anggota untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat pada umumnya. Pada saat itu pulalah gerakan koperasi mengaktualisasikan diri atas segala prestasi yang telah dicapai dengan menggelar berbagai ekspos produkproduk koperasi terbaik melalui pameran maupun pasar rakyat dan kegiatan sosial lainnya. Peringatan Hari Koperasi ke 72 mengangkat tema “Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0”.

Pada tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Sleman menjadi tuan rumah peringatan Hari Koperasi ke 72 Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka mengapresiasikan kemajuan dan perkembangan kinerja yang telah dicapai oleh koperasi. Waktu pelaksanaan kegiatan direncanakan pada tanggal 25 sampai dengan 27 Juli 2019 bertempat di The Rich Jogja Hotel dan Jogja City Mall.
Berbagai kegiatan akan dilaksanakan dalam rangka memeriahkan kegiatan tersebut, antara lain:

1. Resepsi puncak acara

Resepsi puncak acara dilaksanakan di Ballroom The Rich Jogja Hotel pada tanggal 25 Juli 2019 pukul 11.00 WIB yang rencananya akan dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UKM, Gubernur DIY, dan Wakil Gubernur DIY.

2. Pameran Produk Koperasi dan UMKM

Pameran produk Koperasi dan UMKM dilaksanakan pada tanggal 25 s.d 27 Juli 2019 bertempat di Atrium Jogja City Mall yang rencananya akan dibuka oleh ibu Bintang Puspayoga.

3. Talkshow di media televisi

Talkshow di media televisi dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2019 melalui program Dialog Sembada TVRI Stasiun Yogyakarta dengan narasumber Bupati Sleman, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sleman, dan perwakilan dari pengurus koperasi.

4. Penilaian koperasi berprestasi

Penilaian koperasi berprestasi dengan 5 (lima) kategori kelompok koperasi yaitu kelompok simpan pinjam, kelompok konsumen, kelompok pemasaran, kelompok produsen, dan kelompok jasa. Penilaian dilaksanakan selama bulan Maret dan April 2019.

5. Pemberian penghargaan bagi gerakan koperasi (koperasi award) sebanyak 7 (tujuh) kategori, dengan perincian:

a. Koperasi dengan pencapaian kinerja terbaik.
b. Koperasi berbasis teknologi informasi.
c. Koperasi pengelola penguatan modal terbaik.
d. Koperasi yang menerapkan prinsip-prinsip koperasi terbaik.
e. Koperasi yang berperan dalam pengentasan kemiskinan.
f. Koperasi yang berperan dalam penyerapan tenaga kerja.
g. Pembina yang berkomitmen terhadap pengembangan koperasi.

6. Lomba cerdas tangkas perkoperasian tingkat SLTA.

Seleksi peserta lomba cerdas tangkas dilaksanakan pada tanggal 3 Juli 2019 bertempat di Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten
Sleman. Sedangkan final dilaksanakan pada tanggal 4 Juli 2019 bertempat di Aula Bappeda Kabupaten Sleman.

7. Lomba mewarnai tingkat taman kanak-kanak.

Lomba mewarnai dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2019 bertempat di panggung pameran produk KUMKM Atrium Jogja City Mall dengan peserta sebanyak 100 (seratus) anak.

8. Lomba paduan suara.

Lomba paduan suara dengan materi Mars Koperasi dan Mars Sleman Sembada dilaksanakan pada tanggal 21 Juli 2019 bertempat di Aula Bappeda Kabupaten Sleman dengan peserta anggota koperasi.

9. Lomba fashion show

Lomba fashion show dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2019 bertempat di panggung pameran produk KUMKM AtriumJogja City Mall dengan 2 (dua) kategori yaitu anak-anak dan remaja.

10. Talkshow

Talkshow dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2019 bertempat di panggung pameran produk KUMKM Atrium Jogja City Mall dengan tema “Tantangan dan Peluang Pengembangan Usaha di Era Revolusi Industri 4.0”.

11. Workshop perkoperasian

Workshop perkoperasian dengan peserta sebanyak 150 (seratus lima puluh) anggota koperasi di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta
dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2019 bertempat di Aula Bappeda Kabupaten Sleman mengangkat tema “Strategi Koperasi Menghadapi
Revolusi Industri 4.0”. Narasumber pada workshop sebanyak 2 (dua) orang yaitu Prof. M. Suyanto (Amikom Yogyakarta) dan praktisi dari Kospin Jasa

12. Senam sehat.

Senam sehat dilaksanakan pada tanggal 21 Juli 2019 bertempat di lapangan Pemda Sleman dengan peserta anggota koperasi dan
masyarakat umum sebanyak 1.500 (seribu lima ratus) orang.

13. Donor darah

Donor darah dilaksanakan pada tanggal 21 Juli 2019 bertempat di lapangan Pemda Sleman dengan peserta 100 (seratus) orang pendonor.

14. Bakti sosial berupa sembako bagi warga kurang mampu.

Bakti sosial berupa pembagian sembako bagi warga kurang mampu sudah dilaksanakan pada rangkaian kegiatan Pasar Lebaran tahun 2019.
Sembako berasal dari donasi gerakan koperasi dan sponsorship.

15. Ziarah ke makam tokoh koperasi atau ekonomi kerakyatan (Alm. Bapak Mubyarto dan Alm. Bapak Hadi Sunaryo)

16. Launching PLUT (Pusat Layanan Usaha Terpadu).

Launching PLUT dilaksanakan pada resepsi puncak acara di Ballroom The Rich Jogja Hotel. (*)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *