SMAN I Godean Juarai Lomba Cerdas Cermat Perkoperasian Tingkat SLTA se Kabupaten Sleman

DINKOP UKM SLEMAN – Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sleman menyelenggarakan final lomba cerdas cermat perkoperasian tingkat SLTA se Kabupaten Sleman di Aula Bappeda Kabupaten Sleman, Kamis (4/7/2019).

Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Koperasi ke 72 tingkat DIY.

Ada 3 regu peserta yang mengikuti lomba ini, meliputi perwakilan dari SMAN 1 Godean, SMKN 2 Depok, dan SMK YAPEMDA 1 Sleman.

Ketua panitia, Jamiat menyampaikan bahwa seleksi lomba cerdas cermat ini dilaksanakan Rabu (3/7/2019) dan diikuti oleh 10 regu perwakilan SLTA. Berdasarkan hasil seleksi, dipilih regu dengan nilai/rangking 3 teratas untuk mengikuti babak final.

Hasilnya, final lomba cerdas cermat perkoperasian tingkat SLTA se Kabupaten Sleman kali ini dimenangkan oleh SMAN 1 Godean dengan total nilai 1000 sebagai juara I. Sedangkan juara II diraih oleh SMKN 2 Depok dengan total nilai 700 dan SMK Yapemda 1 Sleman sebagai juara III dengan total nilai 600. Pemenang lomba ini akan menerima trophy, sertifikat, dan uang pembinaan sebesar Rp.1.500.000,- untuk juara I, Rp. 1.250.000,- untuk juara II, dan Rp.750.000,- untuk juara III.

Sementara itu, pada kesempatan tersebut Pustopo, Kepala Dinas Koperasi UKM menyampaikan bahwa pengenalan tentang perkoperasian diharapkan sudah dimulai sejak bangku sekolah. Siswa dapat mengaplikasikan ilmu perkoperasian di lingkungan terdekat, misalnya di lingkungan rumah atau sekolah.

Di Sleman sendiri, ada beberapa Kopma yang berhasil mengembangkan usaha koperasinya di mana pengelolanya adalah mahasiswa, bahkan Kopma UGM pada tahun 2019 mendapatkan penghargaan Koperasi Berprestasi Tingkat Nasional.

Di samping itu, Pustopo juga berharap bahwa koperasi mampu menjadi alternatif lembaga pembiayaan dan usaha di sektor riil. (*)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *