Mengenal PLUT, Pusat Layanan Usaha Terpadu dari Sleman

DINKOP UKM SLELMAN – Sleman meluncurkan tiga layanan baru pada puncak acara peringatan Hari Koperasi DIY ke-72 di Ballroom The Rich Jogja Hotel pada Kamis (25/7/2019) siang.

Ketiga layanan itu meliputi Aplikasi Satu Data, Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) dan toko online Sleman Mart.

Khusus mengenai PLUT, ini merupakan fasilitasi layanan Pemkab Sleman melalui Dinas Koperasi dan UKM Sleman yang menyediakan jasa non finansial yang menyeluruh dan terintegrasi bagi koperasi dan UMKM. Harapannya ini bisa meningkatkan kinerja produksi, kinerja pemasaran, akses pembiayaan, pengembangan kewirausahaan melalui peningkatan kapasitas wirausaha, teknis, manajerial, dan kinerja kelembagaan.

Pada akhirnya hal itu diharapkan mampu untuk meningkatkan daya saing KUMKM Kabupaten Sleman.

Pada praktiknya, PLUT diharapkan mampu memberikan pendampingan dan solusi terhadap berbagai macam permasalahan yang dihadapi oleh pelaku KUMKM. Jika masalah tersebut belum bisa diselesaikan, maka PLUT bertindak sebagai mediator dan sumber informasi yang dapat memberikan rujukan agar pelaku KUMKM dapat menemukan solusi yang riil.

Adapun berikut ini merupakan 7 layanan yang disediakan oleh PLUT Sleman :

1. Konsultasi Bisnis
Memberikan layanan konsultasi yang terkait dengan peningkatan kinerja dan daya saing usaha KUMKM, antara lain pengembangan SDM KUMKM, manajemen usaha, peningkatan kualitas produk, hak kekayaan intelektual, kemitraan usaha dan pemanfaatan teknologi informasi.

2. Penampingan
Menyediakan mentor bisnis yang khusus memberikan pendampingan secara reguler khususnya untuk KUMKM yang ingin naik kelas dan membenahi masalah-masalah usaha yang dihadapi. Fungsi mentor bisnis iini adalah untuk pengembangan bisnis KUMKM.

3. Akses pemasaran melalui Sleman Mart
Guna meningkatkan akses pemasaran, Pemkab Sleman juga memfasilitasi pelaku KUMKM yang belum memiliki kapasitas di bidang IT namun memiliki produk yang berkualitas bagus dan layak jual dengan menghadirkan platform toko online Sleman Mart.

Selain sebagai akses pasar, melalui platform Sleman Mart pelaku KUMKM juga bisa belajar dan mengenal pasar online dengan memanfaatkan laboratorium komputer yang tersedia.

Keberadaan Sleman Mart juga didukung oleh galeri produk KUMKM yang berfungsi sebagai stokis dan toko offline dengan pengelolaan administrasi seperti toko modern. Dengan konsep tersebut, gelari ini dapat sekaligus dijadikan laboratorium hidup pengembangan pasar bagi pelaku KUMKM.

4. Fasilitasi Akses Pembayaran
PLUT memberikan fasilitasi untuk mengakses kredit ke lembaga perbankan dan non bank, dari kementerian/lembaga dan pemerintahan daerah, serta dari lembaga donor nasional maupun internasional.

5. Pelatihan bisnis
PLUT menyediakan pelatihan bagi KUMKM atau calon wirausaha untuk meningkatkan kualitas produk, pelatihan skill manajerial untuk pengembangan bisnis, semisal pelatihan internet marketing, akuntansi maupun perpajakan.

6. Jaringan
PLUT menyediakan sarana networking dalam hal sharing pengalaman dengan pengusaha besar/menengah, dan lembaga lainnya yang dapat membantu KUMKM mengembangkan usahanya.

7. Layanan Pustaka Entrepreneur
PLUT Menyediakan sarana multi media yang menyediakan informasi berbasis e-business, penyediaan buku-buku bisnis, jurnal dan majalah bisnis serta ada pula petugas yang ahli dalam pengelolaan kepustakaan.

Nah bagi mitra KUMKM yang membutuhkan layanan pendampingan ini, bisa datang ke Kantor PLUT KUMKM Sleman yang berada di Jalan Candi Gebang, Beran, Tridadi, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, DIY. Anda juga dapat menghubungi nomor layanan via WhatsApp di nomor 082152988878. (*)

Galeri :

  • Gedung PLUT KUMKM Sleman

Post Author: admin

1 thought on “Mengenal PLUT, Pusat Layanan Usaha Terpadu dari Sleman

    andi

    (August 14, 2019 - 7:22 am)

    Mazing semoga jaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *