Pusat Layanan Usaha Terpadu, Dampingi KUKM Sleman Hadapi Revolusi Industri

Gedung PLUT KUKM Sleman

DINKOP UKM SLEMAN – Bertepatan dengan resepsi Hari Koperasi Nasional Daerah Istimewa Yogyakarta ke 72 yang dilaksanakan di Kabupaten Sleman pada tanggal 25 Juli 2019,Pemkab Sleman meluncurkan pusat layanan usaha terpadu (PLUT) Koperasi , Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Peluncuran PLUT KUMKM dilaksanakan oleh Sekretaris Kemenkop Rully Indrawan mewakili Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga, bersama Sekretaris daerah Daerah Istimewa Yogjakarta Gatot Saptadi, Bupati Sleman Sri Purnomo, Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY serta Kadinas koperasi dan UKM kabupaten Sleman.

Kehadiran PLUT KUKM dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan dan fasilitasi KUKM dalam menghadapi revolusi industry 4.0 dan semakin tingginya kompetisi dalam pasar Global. Optimalisasi pembinaan dan pendampingan koperasi dan juga UMKM diperlukan agar UMKM selalu siap dan mampu memanfaatkan potensi dalam setiap perubahan jaman yang begitu cepat.

Gedung PLUT KUKM Sleman

Koperasi dan UMKM telah menjadi sumber kekuatan perekonomian yang memiliki potensi tinggi untuk mengakselerasi dan sekaligus menginklusifkan perekonomian daerah dan nasional. Di sleman terdapat 414 Koperasi dan UMKM yang berjumlah lebih dari 48.000 usaha.

Pembinaan dan pendampingan koperasi dan umkm memiliki efek untuk mendorong tumbuhnya aktivitas ekonomi yang berkelanjutan dengan pendekatan ekonomi lokal. Sektor koperasi dan usaha mikro kecil masih sering kalah daya saing karena lemahnya informasi pemasaran, akses teknologi dan akses permodalan. Proses proses start up usaha seringkali juga mengalami kendala dikarenakan lemahnya pendampingan atas usaha usaha rintisan.

Ruang Meeting di gedung PLUT KUKM Sleman

Rintisan PLUT KUKM sudah dilaksanakan Dinas Koperasi dan UMKM sejak tahun 2017 dengan konsep kegiatan pojok konsultasi KUMKM dengan bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM DIY, untuk tenaga konsultan. Rintisan PLUT KUMKM sudah dilaksanakan Dinas Koperasi dan UMKM sejak tahun 2018 dengan konsep kegiatan pojok konsultasi KUMKM dengan bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM DIY, untuk tenaga konsultan.

Apa itu PLUT KUMKM SLEMAN ?

Adalah fasilitas layanan Pemkab Sleman melalui Dinas Koperasi UKM Kabupaten Sleman yang menyediakan jasa non finansial yang menyeluruh dan terintegrasi bagi koperasi dan UMKM untuk meningkatkan kinerja produksi, kinerja pemasaran, akses pembiayaan, pengembangan kewirausahaan melalui peningkatan kapasitas kewirausahaan, teknis, dan manajerial, dan kinerja kelembagaan dalam rangka meningkatkan daya saing KUMKM di Kabupaten Sleman.

PLUT KUKM Sleman diharapkan mampu memberikan pendampingan sehingga dapat memberikan solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh pelaku KUMKM di Kabupaten Sleman. Seandainya permasalahan dari pelaku KUMKM belum bisa diselesaikan, PLUT KUMKM Sleman menjadi mediator dan sumber informasi yang dapat memberikan rujukan yang tepat bagi pelaku KUMKM agar mendapatkan solusi yang spesifik.

7 PELAYANAN PLUT

1. KONSULTASI BISNIS KUMKM

Pemberian layanan konsultasi yang terkait dengan peningkatan kinerja dan daya saing usaha KUMKM, antara lain:

– Pengembangan SDM KUMKM
– Manajemen usaha
– Peningkatan kualitas produk
– Hak Kekayaan Intelektual (HAKI)
– Kemitraan usaha
– Pemanfaatan teknologi informasi

2. PENDAMPINGAN ATAU MENTORING BISNIS

Menyediakan mentor bisnis yang khusus memberikan pendampingan secara regular khususnya untuk KUMKM yang ingin naik kelas dan membenahi masalah-masalah usaha yang mereka hadapi. Fungsi mentor bisnis adalah untuk pengembangan bisnis KUMKM.

3. AKSES PEMASARAN MELALUI SLEMAN MART

Guna meningkatkan akses pemasaran, Pemkab Sleman memfasilitasi pelaku KUMKM yang belum memiliki kapasitas di bidang IT namun memiliki produk dengan berkualitas bagus dan layak jual dengan menghadirkan paltform toko online Sleman Mart.

Selain sebagai akses pasar, melalui platform Sleman Mart pelaku KUMKM juga bisa belajar dan mengenal pasar online dengan memanfaatkan fasilitas laboratorium komputer yang disediakan oleh PLUT KUKM Sleman.

Keberadaan sleman mart juga didukung oleh galeri produk KUMKM yang berfungsi sebagai stokis dan toko offline dengan pengelolaan administrasi sebuah toko modern. Dengan konsep ini, galeri ini dapat sekaligus dijadikan laboratorium “hidup” pengembangan pasar bagi pelaku KUMKM.

4. FASILITASI AKSES PEMBIAYAAN

Akses Kredit ke lembaga perbankan & Non Bank.
Fasilitas yang disediakan oleh Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah.
Bantuan dari Lembaga Donor Nasional & Internasional.

5. PELATIHAN BISNIS

Pelatihan untuk KUMKM/calon wirausaha untuk pembuatan baru/peningkatan kualitas produk. Pelatihan skill manajerial untuk pengembangan bisnis KUMKM, misalnya: pelatihan internet marketing, akuntansi dan perpajakan.

6. NETWORKING

PLUT menyediakan sarana networking dalam hal: sharing pengalaman dengan pengusaha besar/menengah dan lembaga lainnya yang dapat membantu KUMKM mengembangkan usahanya.

7. LAYANAN PUSTAKA ENTREPRENEUR

Penyediaan sarana multi media yang menyediakan Informasi berbasis e-Business.Penyediaan buku-buku bisnis, jurnal dan majalah bisnis.

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *