Hanya 15 Menit! Surat Izin Usaha Sudah Langsung Terbit

SLEMAN – Setiap usaha, baik itu besar maupun kecil wajib memiliki izin usaha. Kenapa surat izin usaha ini sangat penting?

Pertama, sebagai perlindungan hukum.

Ibarat sebuah kendaraan, jika tidak memiliki STNK dan BPKB, maka disebut kendaraan ‘bodong’. Jika ada razia, akan ditertibkan.

Begitu pula dengan usaha. Apalagi di Kabupaten Sleman, melalui Peraturan Bupati No.40 tahun 2017 tentang Izin Usaha Mikro dan Kecil, maka wajib bagi pelaku usaha untuk memiliki Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK).

Kedua, untuk pengembangan usaha.

Surat izin ini menjadi salah satu syarat dalam mengajukan suntikan modal, baik di perbankan maupun instansi pemerintah –dalam hal ini dinas terkait.

Ketiga, sebagai sarana promosi.

Dengan adanya bukti legalitas usaha, pelaku usaha lebih mudah untuk mengembangkan usaha. Karena, jika ingin mengikuti pameran, expo, memanfaatkan marketplace yang disediakan oleh pemda sleman.

Pada hari Kamis 15 Agustus 2019 pukul 08.00 – 11.00 WIB, Dinas Koperasi UKM Kabupaten Sleman menggelar roadshow pelayanan surat Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) berbasis Online Single Submission (OSS) di Balai Desa Margodadi, Seyegan.
Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama apik antara dinas dengan alumni pelatihan kewirausahaan 2019 di Kecamatan Seyegan.

Para alumni pelatihan kewirausahaan sebenarnya sudah memiliki IUMK dari kecamatan.

Agar usaha mereka tercatat hingga kementerian, sebanyak kurang lebih 20 alumni minta dibuatkan IUMK berbasis OSS.

Tidak lebih dari 15 menit (dengan catatan tidak ada masalah dari server pusat), surat izin sudah terbit dan tercetak.

Anda pelaku usaha juga? Sudah memiliki surat izin? Jika belum, yuk segera mengurus izin usaha. (*)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *