Ratusan Pelajar SMKN 1 Seyegan Peroleh Inspirasi Kewirausahaan

SLEMAN – Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman kembali mengadakan kegiatan AMT dan Brainstorming Kewirausahaan bagi generasi muda. Kali ini, giliran SMKN 1 Seyegan yang mendapat kesempatan mendapatkan berbagai ilmu, tips dan trik serta inspirasi berkaitan dengan cara bagaimana menumbuhkan jiwa wirausaha, mengembangkannya hingga mewujudkannya.

Adapun kegiatan yang ditujukan bagi kelas XII dari 6 jurusan ini dilaksanakan pada Kamis, 5 September 2019. Para peserta yang jumlahnya 286 pelajar ini terdiri atas siswa jurusan Teknik Fabrikasi Logam dan Manufaktur, Teknik Ototronik, Teknik Bisnis Sepeda Motor, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Desain Permodalan dan Informasi Bangunan serta dari jurusan Konstruksi Gedung Sanitasi Perawatan.

Mereka antusias mendengarkan paparan dari dua narasumber kegiatan yang bertema “Think Big, Action Now” ini. Yakni dari Coach dan Motivatior dari LP3I Yogyakarta, Ismail Hermana yang menyampaikan materi tentang bagaimana menumbuhkan spirit dan mental entrepreneurship di era digital. Serta narasumber kedua yakni Konsultan Branding, Content Creator dan Konsultan Dinas Koperasi UKM Prov DIY, Imam Syafi’i yang menyampaikan materi tentang strategi sukes bagi para pengusaha pemula.

Wakil Kepala Sekolah SMK N 1 Seyegan bagian Kurikulum Sri Widodo, M.Eng menegaskan bahwa kegiatan ini sangat relevan dengan visi dan program sekolah.

Yakni bagaimana menyiapkan para lulusan supaya memiliki jiwa dan semangat dalam menciptakan lapangan kerja, bukan sebaliknya yakni mencari pekerjaan. Sehingga kegiatan-kegiatan bertema entrepreneurship ini dipandang sangat berperan besar dalam mencapai tujuan itu.

“Program dan visi sekolah yaitu mengarahkan peserta didik, ketika nanti lepas landas (take off) / lulus dari bangku SMK tidak hanya bercita-cita mencari pekerjaan tetapi lebih kepada tujuan menciptakan lapangan pekerjaan untuk masa depan peserta didik dan bangsa Indonesia lebih baik lagi di masa yang akan datang,” paparnya.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman, Pustopo memaparkan bahwa kegiatan ini pun sejalan dengan program-program pemerintahan, yang salah satunya yakni mendorong lahirnya wirausahawan-wirausahawan muda yang mampu menciptakan lapagan pekerjaan.

Selain itu, kegiatan ini pun diarahkan untuk melahirkan pribadi-pribadi yang mandiri, inovatif dan kreatif.

Kemampuan-kemampuan itulah yang sangat diperlukan di masa sekarang sekaligus menyongsong revolusi industri 4.0.

Tak hanya kegiatan berupa materi teoritis di kelas, Pemerintahan Kabupaten Sleman melalui Dinkop UKM Sleman juga menyediakan berbagai macam fasilitas dalam rangka mendukung pertumbuhan para pelaku usaha di Kabupaten Sleman.

Di antaranya penyediaan fasiltias PLUT (Pusat Layanan Usaha Terpadu) yaitu sebagai rumah kedua bagi para pelaku UMKM. Di tempat ini tersedia berbagai macam fasilitas untuk pengembangan usaha, tersedia juga program rutin berupa pendampingan usaha serta layanan konsultasi usaha semisal pembahasan seputar permodalan, legalitas, pengemasan bahkan pemasaran.

Dengan berbagai macam program dan fasilitas yang tersedia, Pustopo meyakinkan bahwa para calon wirausahawan semestinya tak perlu khawatir lagi untuk memulai usahanya. Kuncinya adalah komitmen, kerja keras dan kemauan yang kuat untuk maju. (*)

Post Author: admin

1 thought on “Ratusan Pelajar SMKN 1 Seyegan Peroleh Inspirasi Kewirausahaan

    Sri Widada

    (September 5, 2019 - 2:42 pm)

    Program Dinas koperasi dan UKM sangat bagus, dapat mendorong tumbuh dan berkembangnya UKM dan pelaku usaha, utamanya bagi pemula, dan calon wira usaha muda yg masih di sekolah/SMK, kami sangat mendukung kegiatan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *