Pendidikan Anggota Salah Satu Kunci Sukses Perkembangan Koperasi

BANDUNG – Pendidikan perkoperasian menjadi salah satu prinsip Koperasi seperti ditegaskan dalam Undang-undang nomor 25 tahun 1992. Sepertinya tidak mungkin membangun koperasi menjadi besar jika pendidikan mengenai perkoperasian ditinggalkan.

Pusat Koperasi Syariah Forum Mitra Ekonomi Syariah (Puskopsyah Formes ) Kabupaten Sleman bekerjasama dengan Dinas Koperasi UKM Kabupaten Sleman melakukan kunjungan pada hari Jum’at, 20 September 2019 ke KSPPS BMT ItQan Jl. Padasuka No 160 Bandung untuk melihat pengelolaan koperasi syariah yang mulai go digital.

“Kami biasanya melakukan pendidikan dasar bagi anggota setiap bulannya ada 12 kali angkatan” terang Udin sekretaris koperasi.

Selain itu pendidikan bagi pengurus dan pengelola kita jalankan secara kontinyu.

“Calon anggota yang akan masuk menjadi anggota kita berikan pendidikan agar paham tentang koperasi juga prinsip syariah yang diterapkan,” imbuhnya.

Selain menekankan pentingnya pendidikan, untuk mengakomodir anggota agar memperoleh kemudahan dalam pelayanan, KSPPS BMT ItQan juga menerapkan sistem berbasis aplikasi IT yang dapat diakses oleh anggota.

Selain itu koperasi ini juga menerapkan disiplin yang tinggi bagi karyawannya, mulai dari berangkat harus tepat waktu pukul 07.00 WIB, kalau terlambat akan dikenakan denda.

Koperasi ini juga melarang karyawan, pengurus dan pengawas untuk merokok baik di kantor maupun di rumah dengan penerapan sanksi sampai dengan pemberhentian kerja di koperasi.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman, Drs. Pustopo menyampaikan harapannya agar sebanyak 50 peserta yang ikut berkunjung dapat mengambil nilai-nilai lebih yang ada di KSPPS BMT ItQan.

“Penting diterapkan tentangn pendidikan bagi anggota, agar semua anggota paham apa itu koperasi, visi misi koperasi dan ikut berperan aktif mengembangkan koperasinya,”pungkasnya. (*)

Galeri Kegiatan :

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *