Waspada! Tawaran Pinjaman Online Mengatasnamakan Koperasi

SLEMAN – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia mengeluarkan Surat Edara (SE) yang ditujukan kepada para kepala dinas yang membidangi koperasi di seluruh Indonesia.

Surat edaran bernomor 18/SE/Dep.6/VII/2019 tersebut berisi tentang informasi mengenai penipuan penawaran/iklan berupa pinjaman online yang mengatasnamakan koperasi.

Penawaran itu antara lain berasal dari KSP Artha Mulia, KSP Sejahtera Bersama, KSP Nasari, KSP DIgital Alpha Indonesia, KSP Master Rupiah dan KSP Indo Finance.

Terkait hal itu, Kemenkop UKM memberikan penegasan antara lain :

  • Selalu mewaspadai dan tidak terjebak dengan penawaran/iklan apapun dengan janji-janji meyakinkan, termasuk berupa pinjaman online dengan suku bunga murah yang antara lain mengatasnamakan koperasi, khususnya yang telah disebutkan sebelumnya.
  • Selalu melakukan konfirmasi dan koordinasi secara langsung kepada dinas yang membidangi koperasi pada seluruh provinsi/kota/kabupaten, apabila dijumpai adanya penawaran yang diragukan keabsahannya yang mengatasnamakan koperasi khususnya yang tersebut di atas.
  • Agar pihak-pihak yang merasa dirugikan terhadap modus penipuan tersebut untuk segera melaporkan kepada aparat yang berwajib dengan menyampaikan bukti-bukti yang cukup.

Download Surat Edaran Versi PDF di Sini

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *