Melihat Kesuksesan Banyuwangi dalam Mengelola Kawasan UKM

Pemda Sleman melakukan kunjungan studi banding terkait peningkatan event nasional dan Aparatur Pengelola Lembaga Keuangan Mikro BUKP pada tanggal 9 Oktober 2019. Kunjungan ini dipimpin oleh Asisten Ekonomi Pembangunan, Suyono, bersama Bagian Perekonomian Dinkop UKM Sleman, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pariwisata, Dinas Kebudayaan, DMPPT, Bappeda dan BUKP Se Kabupaten Sleman

Dalam salah satu agenda kunjungan adalah melihat bagaimana Kabupaten Banyuwangi melakukan penataan kawasan dan UKM.

Seperti yang terlihat bagaimana di kawasan wisata, terdapat bangunan yang seragam, yang merupakan tempat berjualan makanan dan minuman oleh pedagang kaki lima. Ini dilengkapi pula dengan fasilitas meja, kursi berjajar untuk pengunjung.

Kemudian hal ini didukung pula oleh upaya promosi yang gencar sehingga kawasan ini diketahui banyak orang sehingga kini banyak didatangi pengunjung.

Sementara itu, di beberapa titik kawasan sekitar perkantoran ada pula area terbuka publik dan obyek wisata. Di ruas jalan raya juga tampak jelas adanya gerobah berwarna kuning yang mencolok. Gerobak-gerobak itu dijaga oleh anak-anak muda.

Inilah salah satu bentuk fasilitasi bagi anak muda supaya mereka tertantang untuk berwirausaha.

Di sini mereka bebas mengeluarkan ide dan kreativitasnya dalam berwirausaha.

Hal ini pun sudah dinikmati oleh mereka yang menggeluti bidang ini. Seperti penuturan Iwan dan Dina yang sudah menjalankan bisnis warung pintar. Mereka mendapatkan pendapatan cukup lumayan sehingga tak perlu lagi meminta uang dari orangtua.

Berdasarkan hal itu diperoleh kesimpulan bahwa Banyuwangi telah berhasil melaksanakan sinergisitas UKM dengan lingkungan setempat. Hal ini didukung pula oleh efektifnya pendampingan pemerintah melalui OPD terkait maupun masyarakat setempat.

Memang bukan hal yang mudah dalam mewujudkannya. Namun perlu usaha keras, komitmen dan membutuhkan waktu yang tak sedikit.

Staf Ahli bidang ESDM Dwi Murdianto, menjelaskan bahwa pemerintah tak hanya sekedar memerintah dan mengatur tetapi juga harus membeli contoh secara langsung. Sesudah itu, barulah masyarakat akan mengikutinya. (*)

Post Author: admin

1 thought on “Melihat Kesuksesan Banyuwangi dalam Mengelola Kawasan UKM

    Direktori UKM

    (October 11, 2019 - 8:18 am)

    Semangat UKM banyuwangi, ukm lain segera menyusul ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *