UMKM di Kecamatan Ngemplak Pasarkan Produk Lewat Pasar Srawung

SLEMAN – Kecamatan Ngemplak berhasil menggelar even Pasar Srawung dengan menampilkan berbagai produk unggulan para pelaku UKM di kecamatan tersebut. Acara ini merupakan sebuah bentuk kegiatan non – profit yang bertujuan untuk memajukan UMKM dengan pemasaran secara bersama-sama.

Adapun ide Pasar Srawung ini berawal dari kegiatan yang bertajuk Pameran Potensi Daerah 2018. UMKM Kecamatan Ngemplak yang saat itu ikut serta, berhasil menjadi juara stand terbaik.

Para pelaku usaha yang memiliki keinginan kuat untuk terus berkembang, kemudian meminta kepada Camat untuk memberikan pembinaan lebih lanjut. Sehingga lahirlah ide untuk menggelar even serupa yang dilaksanakan di Kecamatan Ngemplak. Renana ini juga berhasil terlaksana lantaran bersamaan dengan adanya program pembentukan Forum Komunikasi UMKM yang diinisiasi oleh Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman.

Camat Ngemplak memaparkan bahwa kegiatan ini selain sebagai ajang untuk menampilkan produk-produk UMKM yang ada di Kecamatan Ngemplak, juga digelar sebagai bentuk pendampingan dan pembinaan bagi UMKM yang masih memerlukan pendampingan sehingga mereka bisa ‘naik kelas’. Di mana hal ini merupakan tindak lanjut dari kurasi produk yang telah dilakukan beberapa waktu yang lalu.

Adapun salah satu bentuk pelaksanaan pembinaan adalah dengan memberikan kesempatan para UMKM untuk berani mempromosikan produknya masing-masing di atas panggung.

Kegiatan ini merupakan kegiatan bersama dari berbagai elemen antara lain : Kecamatan Ngemplak, UMKM, KWT dan komunitas-komunitas yang ada.

“Pasar Srawung” selain merupakan kegiatan pemasaran produk UMKM juga dimeriahkan dengan Flashmob, senam pagi bersama, juga ada fasilitas Pojok Belajar merajut, sebagai sarana berbagi ilmu baik dari UMKM ke masyarakat maupun dari non UMKM ke UMKM, seperti yang sudah dilaksanakan adalah belajar membuat ecoprint teknik pounding.

Ada juga Pojok Baca di mana para pengunjung “Pasar Srawung ” juga dapat meningkatkan pengetahuan dengan membaca di Pojok Baca secara gratis. Kegiatan ini akan berlangsung setiap minggu dari pukul 06.00 – 12.00 sejak tanggal 6 Oktober 2019. (*)

Dokumentasi kegiatan :

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *