Tokopedia Berbagi Tips Sukses Berjualan di Marketplace

SLEMAN – PLUT Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman mengadakan kegiatan pelatihan dasar marketing online angkatan I yang digelar di Ruang Nayotama PLUT Sleman pada Rabu, 30 Oktober 2019.

Adapun pelatihan dasar marketing online ini digelar dengan menggandeng Tokopedia. Pada kesempatan tersebut Tokopedai berbagi ilmu dengan mengajarkan ilmu-ilmu dasar marketing online.

Peserta yang berjumlah 32 orang ini pertama-tama diajak untuk mendownload aplikasi Tokopedia.

Setelah semua peserta memiliki akun penjualan di marketplace, selanjutnya diajarkan trik-trik awal agar penjualan terlihat menarik dan berpotensi mendapatkan konsumen yang banyak sehingga penjualan bisa optimal.

Ada beberapa tips yang disampaikan untuk sukses dalam penjualannya. Tips-tips itu di antaranya adalah :

  1. Dalam memilih gambar dipilih gambar yang baik (lebih jelas, lebih terang, tidak terpotong), menarik (memikat calon pembeli, diskripsi yang jelas, background yang bersih), foto bisa diambil langsung melalui kamera, kamera handphone atau lewat foto intagram yang sudah dimiliki.
  2. Penulisan Diskripsi Produk yang jelas dan menggambarkan sesuai produk yang dijual
  3. Memberikan keterangan dan kata promosi yang menarik untuk jenis produknya.
  4. Menentukan harga jual yang bisa bersaing dengan kompetitor, yakni memberikan harga yang menarik

Dengan dasar-dasar pemasaran online tersebut di atas , diharapkan peserta bisa memulai langkah awal untuk memulai penjualannya dengan baik melalui marketplace.

Peserta bisa memaksimalkan pelatihan dasar marketing online dengan mengikuti pelatihan lanjutan yang akan dilaksanakan di PLUT Sleman dalam waktu yang akan ditentukan kemudian.

Pelatihan ini akan dilaksanakan secara terus menerus , sehingga akan bisa diikuti oleh lebih banyak UMKM yang berada di wilayah kabupaten Sleman, sehingga UMKM akan lebih maju dalam melaksanakan pemasaran dan bisa mengikuti perkembangan pemasaran modern melalui media online khususnya melalui marketplace. (*)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *