120 Peserta Ikuti Workshop Satu Data UMKM

SLEMAN – Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman menggelar Workshop Admin Satu Data UMKM di Hotel Atrium Lantai 2 pada 28 – 31 Oktober 2019. Kegiatan ini diikuti 120 peserta yang berasal dari Desa, Kecamatan dan OPD terkait.

Adapun pelatihan workshop Admin Satu Data UMKM ini dibagi menjadi 4 angkatan, masing-masing angkatan terdiri dari Petugas Admin Desa, Kecamatan dan OPD, workshop berlangsung dari tanggal 28 – 31 Oktober 2019.

Materi pada pelatihan kali ini terbagi menjadi dua sesi, pada sesi pertama adalah pengenalan Aplikasi Satu Data UMKM kepada peserta, pada sesi kali ini peserta di ajak untuk pendalami fungsi apa saja yang ada pada aplikasi, baik dari jenis, fungsi dan cara pengisian yang benar.

Sedangkan pada sesi yang kedua adalah praktek menjalankan program baik yang berbasis Web maupun Android, praktek kali ini bertujuan untuk input pengisian form data peserta dan verifikasi data.

Metode verifikasi satu data umkm sendiri adalah aplikasi berjenjang dari Desa, Kecamatan, OPD terkait dan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah sebagai pengampu data, dengan verifikasi berjenjang diharapkan dapat menciptakan ritme kerja harmonis sehingga dapat bersinergi untuk memperoleh data yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Dalam Perpres (Peraturan Presiden) Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, basis data sangat berguna untuk menentukan acuan sebuah kebijakan, menghindari tumbang tindih data, memperoleh data yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan serta memudahkan proses pendataan sehingga sangat efisien waktu. (*)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *