Sleman Gelar Workshop 120 Admin Aplikasi SATU DATA UMKM

SLEMAN – Satu Data UMKM Kabupaten Sleman adalah Sistem Pendataan & Database UMKM yang berada di Kabupaten Sleman. Dengan adanya sistem ini maka diharapkan pendataan UMKM di Kabupaten Sleman dapat berjalan lebih cepat, akurat & up to date sesuai dengan kondisi UMKM yang ada di wilayah Kabupaten Sleman.

Melalui sistem Satu Data UMKM Sleman ini proses pendataan yang sebelumnya dilakukan secara manual dan dilakukan oleh petugas pendataan di tingkat Desa dapat dilakukan sendiri oleh banyak pihak berkaitan dengan UMKM diantaranya pelaku Usaha itu Sendiri, Desa, Kecamatan serta SKPD yang berada di level kabupaten Sleman dapat melakukan pendataan & pemutakhiran data UMKM.

Sehingga Satu Data UMKM menjadi satu-satunya Database UMKM di Kabupaten Sleman yang dapat digunakan oleh banyak pihak antara lain Pemerintah Daerah melalui Dinas terkait dalam menentukan Kebijakan, pihak Akademisi yang juga dapat menggunakan data UMKM ini untuk keperluan penelitian, pengembangan & pendampingan UMKM Kabupaten Sleman.

Pendataan melalui Satu Data UMKM ini dapat dilakukan melalui beberapa cara baik pendataan sendiri oleh pelaku UMKM serta dapat juga melalui pengelola Data tingkat Desa, Tingkat Kecamatan & OPD.

Ke depannya pelaku UMKM yang terdaftar dalam Satu Data UMKM Kabupaten Sleman ini mendapat banyak manfaat diantaranya akan menjadi prioritas dalam berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah maupun Pusat (Kementerian), Pelatihan Kewirausahaan, Pelatihan Digital Marketing, mengakses Dana Penguatan Modal, serta mengakses Kegiatan Expo, Pameran, Gelar Produk dan lain-lain.

Satu Data UMKM diharapkan dapat memperesentasikan kondisi aktual jumlah Pelaku UMKM Kabupaten Sleman guna untuk memetakan Kondisi UMKM Kabupaten Sleman serta menjadi landasan pembangunan Perekonomian di Kabupaten Sleman.

Demi mensukseskan Satu Data UMKM sendiri Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah mengadakan workshop dan Pelatihan Petugas Admin Satu Data UMKM yang bertujuaan untuk mempermudah masyarakat luas dalam pendataan UMKM Baru.

Sebanyak 120 Petugas Admin Satu Data UMKM yang telah dibekali ilmu dalam penggunaan Sistem Satu Data UMKM diharapkan dapat berkontribusi dalam penginputan data baru dan dapat mensosialisasikan aplikasi ini kedalam masyarakat luas, UMKM binaan maupun kelompok usaha lain agar dapat mendaftarkan usahanya kedalam aplikasi Satu Data UMKM.

Tujuan dari sistem ini adalah untuk menentukan acuan sebuah kebijakan, menghindari tumpang tindih data, memperoleh data yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan serta memudahkan proses pendataan sehingga sangat efisien waktu. (*)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *