Temu Usaha UMKM Sleman Hasilkan Kerjasama Kemitraan

DINKOP UKM SLEMAN – Dinas Koperasi UKM Kabupaten Sleman menggelar Kegiatan Temu Usaha Kemitraan UMKM Bidang Fashion, Craft, Kerajinan dengan pengusaha Hotel dan Restoran di Pring Sewu Garden and Resto Jl. Magelang km 9 Mulungan, Mlati, Sleman pada tgl 3 Desember 2019.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi UKM Sleman Drs.Pustopo, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Dra. Hj. Sudarningsih, M.Si, Ketua PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran) Sleman Joko Paromo, Kabid Pengembangan SDM dan Usaha Pariwisata Nyoman Rai Savitri, S.Psi, M.Ec.Dev

Kegiatan tersebut merupakan jawaban atas permasalahan masih kurangnya pemasaran yang dihadapai pelaku umkm selama ini. Dengan kegiatan Temu Usaha Kemitraan ini diharapakan akan terjalin hubungan sinergitas yang baik dan saling menguntungkan antara pelaku UMKM dengan pengusaha hotel dan restoran.

Dalam sambutannya Pustopo mengatakan bahwa Kemitraan adalah saling bantu membantu bekerjasama saling mengembangkan antara usaha kecil dengan pengusaha besar. Melalui Perda Kemitraan Tahun 2006 yang dilanjutkan Perda Tahun 2019 sudah ditetapkan bahwa Pengusaha Sleman wajib bermitra dengan UMKM. Bahkan di Provinsi Bali sudah ada Pergub yang mengatur tentang pengusaha hotel dan restoran wajib menampung produk lokal.

Diharapkan dari kegiatan ini nantinya terjalin hubungan kemitraan yang berkesinambungan . Sementara itu Sudarningsih mengatakan bahwa kemitraan dengan UMKM nantinya akan menjadi salah satu aspek penilaian Sapta Pesona bagi Penilaian Hotel. Kegiatan Sleman Fashion Festival yang rutin sudah dilaksanakan agar menggunakan produk UMKM Sleman, serta berharap semua hotel dan resto agar mempunyai pojok UMKM, karena selain membantu penjualan UMKM juga memberikan fasilitas kemudahan bagi tamu dan pengunjung. Sedangkan Joko Paromo siap membantu untuk menginfokan ke seluruh anggota PHRI agar dapat menampung produk di tempat usahanya baik secara continue maupun incidental bila ada event besar dan rapat besar.

Selama berlansungnya acara sudah terjadi ketertarikan antara pengusaha Hotel dan Resto dengan pelaku UMKM dimana adanya penanda tanganan gentleman of Agreement meliputi :

1. Joglo Ayu Tenan & Lafayette Hotel
2. K-Nes/ Solusi & Crystal Lotus
3. K-Nes & University Club UGM Hotel
4. Jasmirana & Prime Plaza Hotel Jogja

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *