Peserta Inkubator Kewirausahaan 2019 Peroleh Ilmu Komplit Mengelola Usaha

SLEMAN – UMKM Kecamatan Gamping Sektor Industri & Kerajinan kembali mendapat Materi dalam Inkubator Kewirausahaan Kelas Evaluasi dan Perumusan Target yang Diselenggarakan oleh Dinas Koperasi & UKM Kabupaten Sleman pada 2,3 & 4 Desember 2019.

Kegiatan ini adalah Kegiatan akhir dari Rangkaian Pelaksanaan Inkubator Kewirausahaan di mana ada Materi In class & Business Check-Up pada Agustus 2019, Studi Orientasi ke UMKM Naik Kelas Kota Bandung, Pendampingan Individu dan Cluster Class serta In Class Evaluasi & Perumusan Target dengan menyandingkan plan mingguan dengan hasil inkubasi selama 3 bulan tersebut.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi & UKM Kabupaten Sleman Drs. Pustopo.

Pada pengarahanya ia berpesan kepada para UMKM tersebut bahwa pelaku usaha setelah kegiatan ini harus bisa selalu menambah wawasan dan produk-produk dari daerah lain dan memahami bahwa dunia selalu berputar yang diartikan pelaku usaha harus selalu pandai dalam memaksimalkan peluang.

Selanjutnya ia berpesan bahwa evaluasi harus dilakukan kapan saja ketika terjadi permasalahan dalam bisnis. Dan bukan hanya dibiarkan saja.

Terakhir dirinya berpesan agar para UMKM yang menjadi peserta ini menjadi UMKM yang tidak cepat puas, yaitu selalu menanamkan target dan selalu mempelajari hal baru terkait dengan kepentingan usahanya.

Adapun kegiatan ini terbagi menjadi 3 hari dan setiap sesinya peserta menunjukan produk masing-masing usahanya dan membahas serta mengevaluasi dengan para Narasumber yang pada beberapa bulan memberikan masukan dan ‘pekerjaan rumah’ terkait kegiatan usaha para peserta Inkubator Kewirausahaan tersebut.

Pada hari Pertama Narasumber yang memberikan materi & Evaluasi adalah Arif Jadmiko dari ‘Fresh Training’. Kemudian dilanjutkan dengan business coaching oleh Yudi Prasetyo dari “Kopi Kreatif”.

Pada hari kedua materi pertama dibersamai dengan Roy Martfianto yang merupakan praktisi keuangan dan juga Dosen pada Prodi Akuntansi Keuangan di sebuah Perguruan Tinggi. Ia menyampaikan dan mengulas kembali terkait dengan tugas rumah berkaitan dengan laporan keuangan & pembukuan sederhana. Kemudian pada sesi kedua dilanjutkan oleh Konsultan PLUT-DIY Imam Syafii yang mengevaluasi mengenai Legalitas serta dengan Business Planning untuk 12 bulan kedepan pasca kelas Evaluasi Inkubator Kewirausahaan.

 

Pada hari terakhir sesi pertama peserta dibersamai oleh Tim dari Google Gapura Digital Yogyakarta yang membantu peserta Inkubator untuk dapat mengakses digital marketing serta pada sesi kedua oleh Andy Rakhmat Santoso yang membawa materi & evaluasi efektifitas Media Sosial untuk berbisnis.

Pada akhirnya harapan dari Kegiatan ini adalah membawa posisi yang lebih ideal bagi pelaku UMKM saat menjadi awal inkubasi hingga selesai kegiatan Inkubator baik dalam Legalitas, Pemasaran, Produk, Kelembagaan dan tujuan utamanya adalah meningkatkan kesejahteraan bagi para pelaku UMKM.

Salam UMKM Sembada !

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *