Studi Orientasi Dinkop UKM Sleman ke Kabupaten Banyumas

 

Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menegah Kabupaten Sleman melaksanakan Studi Orientasi Pelayanan Perizinan dan Pengelolaan PLUT ke Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, dan Usaha Kecil, Menengah Kabupaten Banyumas Jawa Tengah dan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Provinsi Jawa Tengah pada hari Kamis-Jumat tanggal 5 – 6 Desember 2019.

Agenda ini merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Kabupaten Sleman untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan perizinan usaha dan fasilitasi dalam pemberdayaan Koperasi, Usaha kecil dan Menengah di Sleman.

Sebanyak 35 peserta terdiri dari 17 Camat di wilayah Kabupaten Sleman dan pejabat Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kab. Sleman ikut serta dalam kegiatan ini.

Rombongan dipimpin oleh Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sleman, Drs. Pustopo.

Tujuan studi Orientasi ini adalah untuk melihat mengenai pengelolaan perizinan dan kegiatan – kegiatan pemberdayaan Koperasi dan UKM yang dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman dan PLUT Provinsi Jawa Tengah.

“Selain bertujuan untuk memperoleh informasi pengelolaan perizinan dan kegiatan PLUT maka studi orientasi ini juga ingin mengetahui bagaimana sinergitas dan koordinasi antara Dinas dengan Kecamatan dalam pemberdayaan Koperasi dan UKM di Banyumas” Kata Pustopo.

Ir. Didi Rudwianto,MSi, Plt Kepala Dinnakerkop dan UKM mengatakan saat ini PLUT Provinsi Jawa Tengah memang berada di Kabupaten Banyumas dan turut membantu dalam pendampingan dan pemberdayaan di Kabupaten Banyumas serta kabupaten lain di Jawa Tengah.

“Untuk operasional dan pengelolaan PLUT di Kabupaten Banyumas dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten Banyumas terbantu dengan adanya PLUT, Sedangkan untuk sinergitas dengan kecamatan maka salah satunya dibentuk Formatmas (Forum Camat Banyumas) dengan kegiatan berupa arisan setiap bulan yang dihadiri oleh Sekda Kabupaten Banyumas. Dalam acara itu Camat dapat menyampaikan usulan dan keluhan terhadap pengembangan dan permasalahan yang terjadi di Kecamatan.” Kata Didi.

Selain itu untuk menambah semangat para Camat untuk berprestasi maka Pemkab Banyumas juga memberikan penghargaan Camat terbaik dalam pemberdayaan masyarakat dan inovasi dalam pelayanan kepada masyarakat.

Rombongan selanjutnya melakukan kunjungna ke PLUT Jawa Tengah. Di PLUT Provinsi Jawa Tengah untuk melihat pelayanan dan kegiatan PLUT Provinsi Jawa Tengah. Di kantor PLUT Provinsi Jawa Tengah rombongan diterima oleh Sondhy Purwoko, SE, MM, Kepala Bidang Restrukturisasi dan Pembiayaan Dinas TK, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa tengah.

Dalam pertemuan tersebut disampaikan banyak informasi dan kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan oleh PLUT Provinsi Jawa Tengah dalam dan pendampingan Koperasi dan UKM.

Selain tanya jawab dan diskusi tentang kegiatan PLUT Provinsi Jawa Tengah maka rombongan juga melihat galeri UKM yang menjual produk-produk UKM di Kabupaten Banyumas yang merupakan binaan dari PLUT Provinsi Jawa Tengah.

Diharapkan hasil positif dari studi orientasi ke Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Kabupaten Banyumas serta PLUT Provinsi Jawa tengah dapat diterapkan dan memperkaya strategi dalam pemberdayaan Koperasi dan UKM di Kabupaten Sleman. (*)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *