Percepat UMKM Naik Kelas, Sleman Gelar Workshop ICSB

SLEMAN – Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman menyelenggarakan workshop International Council for Small Bisnis (ICSB) di Jasmine Room Hotel The Rich, Sleman pada JUmat (13/12/2019).

Acara digelar dalam rangka membahas tentang arah visi misi ICSB di Kabupaten Sleman sehingga keberadaan ICSB dapat memberikan manfaat bagi pengembangan UMKM. ICSB yang terdiri atas empat pilar meliputi peneliti, akademisi, bisnis dan pemerintah diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat melalui sektor UKM.

Hadir dalam acara ini yaitu Kepala Dinas Koperasi UKM Kabupaten Sleman Drs. Pustopo, Ketua Kadin Sleman yang juga merangkap pengurus ICSB DIY Wawan Harmawan, Dr Hempri dari Fakultas Sospol UGM serta peserta yang terdiri atas pengurus ICSB Sleman, pelaku UMKM dan mitra UMKM dari sektor perhotelan.

Kegiatan ini merupakan salah satu langkah bagaimana agar UMKM Sleman segera naik kelas dan dapat memenangkan pasar global serta menjangkau pasar internasional. Dengan luasnya pasar dan banyaknya jaringan pasar internasional yang dimiliki oleh ICSB diharapkan dapat menarik UMKM Sleman untuk berjejaring secara internasional. Sementara bagi yang belum bisa melakukan export secara mandiri, maka bisa melakukan secara bersama dengan sesama pelaku UKM lainnya.

Dalam sambutannya Pustopo mengatakan bahwa ICSB di Kabupaten Sleman diresmikan dan dilantik oleh Menteri Koperasi dan UKM, Puspa Yoga seharusnya berjalan dengan bagus. Kemudian dengan pergantian menteri yang baru, Teten Masduki lebih condong terhadap pengembangan UKM diharapkan akan lebih mendorong UKM naik kelas, karena nantinya banyak fasilitasi yang akan didapatkan UKM. Bahkan program strategis kementrian Koperasi UKM telah digulirkan yaitu :

1. Perluasan akses pasar , 2. akselerasi pembiayaan, 3. kemudahan dan kesempatan berusaha, 4..peningkatan daya saing, 5.pengembangan kapasitas SDM , 6. koordinasi lintas sektor.

Melalui program tersebut diharapkan dapat segera ditangkap dengan menjalin kolaborasi dengan perguruan tinggi untuk menciptakan inovasi produk, melakukan CSR dengan usaha besar dan memanfaatkan fasilitasi pembiayaan yang lebih ringan. Program strtategis tersebut sangat mendukung bagi perkembangan UKM, sehingga peluang UKM untuk lebih maju sangat terbuka lebar.

Dalam paparannya Wawan Harmawan mengatakan bahwa jaringan ICSB ada di 58 negara dan semua bisa diakses oleh anggota, sehingga kesempatan pengembangan pasar sangat luas. Di samping itu, selaku ketua Kadin Sleman juga sangat terbuka lebar untuk berkolaborasi secara bersama mengembangkan UKM yang ada di Sleman.

Usulan dan tanggapan dari audience terutama untuk pengembangan riset dan inovasi produk terjawab sudah dengan adanya beberapa perguruan tinggi yang siap untuk kolaborasi dan pendampingan. (*)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *