Menkop UKM Ingin Agar Media Berperan Aktif Siarkan UKM dan Koperasi

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki berharap media untuk berperan aktif untuk pengembangan koperasi dan UKM di Tanah Air.

Teten pun mengajak para pemimpin redaksi untuk menginisiasi langkah bersama untuk memakai produk lokal dan aktif memasarkan produk UKM.

โ€œPeran media sangat signifikan sebagai fungsi penyampaian informasi dan pemasaran sehingga produk lokal dan produk UKM bisa semakin luas pemasarannya,โ€ kata Teten dalam siaran pers yang diterima KONTAN, Kamis (9/10).

Ditegaskannya, koperasi dan UKM memegang peran yang signifikan di Indonesia sebagai sektor yang digeluti oleh lebih dari 90% pelaku usaha.

Kementerian Koperasi dan UKM sendiri mengembangkan enam program stretegis untuk mendorong lebih dari 62 juta pelaku UMKM tumbuh dan naik kelas.

Teten menambahkan produk UMKM ke depan harus menjadi produk unggulan yang saat ini ekspornya mencapai 14% dan diharapkan terus meningkat.

Di sisi lain, koperasi didorong untuk terus melakukan inovasi melalui fintech agar semakin berdaya saing.

โ€œSaat ini kami punya enam program strategis yakni memperbesar market pasar produk UMKM agar ada market driven bukan hanya konsumsi domestik tapi juga ekspor,โ€ tambahnya.

Ke depan perlunya kolaborasi aktif pihaknya dengan insan media untuk mengoptimalkan upaya pengembangan koperasi dan UKM di Indonesia.ssa

Acara yang mengambil tema Ngetem X Pemred itu digelar di Gedung Smesco pada 8 Januari 2020 lalu dan dihadiri sebanyak 45 pemimpin redaksi (Pemred) dari berbagai media massa termasuk cetak, online, radio, dan televisi. (*)

Sumber : kontan

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *