Tahun Ini LPDB – KUMKM Fokus Bangun Koperasi Modern

Sesuai dengan arah kebijakan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) Lembaga Pengelola Dana Bergulir-Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (LPDB-KUMKM) tahun ini akan fokus membangun koperasi modern.

Direktur Utama LPDB-KUMKM Braman Setyo menyebutkan, arah kebijakan Kemenkop UKM ada empat. Pertama modernisasi koperasi, kedua mendorong UKM naik kelas, ketiga membentuk wirausaha baru, terakhir integrasi ekspor UMKM.

“Jadi bagaimana bangun koperasi dengan biaya dari LPDB agar nantinya bisa jadi koperasi modern. Anggaran kami tahun ini Rp 1,8 triliun,” ujarnya sebagaimana dilansir REPUBLIKA.

Braman menyebutkan, koperasi bisa dikatakan modern bila telah mencakup beberapa syarat. Minimal, koperasi tersebut harus bisa melayani anggotanya menggunakan teknologi digital.

Syarat selanjutnya, pengurus koperasi harus terdiri dari anak muda atau milenial. Kemudian, koperasi diharapkan mampu melakukan diversifikasi usaha, yakni membentuk badan hukum melalui PT yang akan dimiliki 100 persen oleh koperasi itu.

“Dengan syarat-syarat minimal tersebut, sudah cukup bagi kita untuk berikan predikat koperasi modern. Tahun ini, ditargetkan sebanyak 25 koperasi modern muncul,” tegas dia. (*)

Selengkapnya klik sumber REPUBLIKA ONLINE

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *