Asdep Simpan Pinjam Kemenkop UKM Dorong Koperasi Lakukan Digitalisasi

SLEMAN – Asisten Deputi Simpan Pinjam Kementerian Kopeasi dan UKM RI menggelar acara sinergi kegiatan di The Atrium Hotel and Resort Sendangadi, Mlati, Sleman pada Kamis (12/3/2020). Ada tiga kelas pelatihan yang dilaksanakan dalam sinergi kegiatan tersebut, meliputi Advokasi literasi dan penumbuhan KSP/USP Koperasi, Advokasi penataan manajemen KSP/USP Koperasi dan Diseminasi akses pembiayaan koperasi USP.

Dalam kegiatan ini, hadir pula pembicara lainnya dari Kemenkop Heri Iskandar yang memaparkan tentang pemberdayaan dan pengembangan usaha simpan pinjam di era digital, serta narasumber Ahmad Djunaidi yang menjelaskan tentang kerjasama antar usaha simpan pinjam koperasi.

Adapun dalam arahannya, Asdep Simpan Pinjam Kemenkop UKM, Masrifah mengatakan bahwa pelatihan ini ditujukan untuk mendorong kelompok usaha masyarakat semisal Gapoktan,BKM dan KUBE untuk melegalkan usahanya menjadi koperasi berbadan hukum.

Pelatihan ini juga untuk mendorong digitalisasi koperasi yang dijalankan dengan pengelolaan milenial.

Sehingga dengan demikian koperasi dapat bersaing di era global dan di tengah Revolusi Industri 4.0 seperti sekarang ini.

Ia juga menekankan tentang pentingnya kedisiplinan dalam pengelolaan koperasi yang sehat.

Tidak mudah untuk mewujudkan koperasi sehat tanpa adanya kedisiplinan.

“Kedisiplinan siapa? Kedisiplinan pengelola koperasi, anggota koperasi dan pengawas koperasi,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman, Pustopo dalam sambutannya merinci bahwa pelatihan ini diikuti oleh 120 orang peserta yang terdiri atas 50 peserta KSP/USP, 50 Forkom UKM, Gapoktan, BKM, KUBE dan 20 peserta dari KSP di wilayah Kabupaten Sleman.

Ia menambahkan Kabupaten Sleman saat ini tengah dalam proses pengembangan aplikasi untuk fasilitasi laporan perkembangan per triwulan koperasi simpan pinjam ( KSP/USP).

Aplikasi ini Ditargetkan sudah bisa operasional pad tahun 2021 mendatang. (*)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *