Primkopau II Lanud Adisucipto Menyelenggarakan RAT dan Tutup Buku 2019

SLEMAN – Primer Koperasi Pangkalan TNI AU Lanud Adisucipto II (Primkopau II) menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tutup Buku Tahun 2019 pada Jumat (13/3/2020). Acara tersebut dihadiri oleh jajaran pengurus dan pengawas Primkopau II serta dihadiri pula Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman, Pustopo.

Adapun dalam laporannya, Ketua Pengurus Primkopau II, Kapten Hosen menyampaikan bahwa penerimaan Sisa Hasil Usaha (SHU) Tahun 2019 anggota koperasi mencapai Rp 2 juta untuk SHU tertinggi, dan Rp 400 ribu untuk SHU terendah.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman, Pustopo saat menyampaikan sambutan di acara RAT dan Tutup Buku 2019 Primkopau II Lanud Adisucipto

Sementara itu dalam sambutannya, Pustopo memberikan apresiasi kepada jajaran pengurus dan pengawas Primkopau II lantaran dapat menyelenggarakan RAT tepat waktu.

Ia menambahkan bahwa penyelenggaraan RAT merupakan salah satu bentuk eksistensi koperasi, sehingga tak hanya sekadar rutinitas yang digelar setiap tahun. Namun lebih dari itu, RAT adalah forum pertanggungjawaban pengelolaan koperasi yang dilakukan oleh pengurus dan pengawas.

Selain itu, RAT juga merupakan wadah komunikasi antar sesama anggota dan anggota dengan pengurus serta pengawas koperasi.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman, Pustopo berfoto bersama jajaran pengurus Primkopau II Lanud Adisucipto

Penyelenggaraan RAT ini diharapkan dapat menyatukan persepsi antara anggota dan pengurus, tentang cara pengelolaan koperasi dan pengembangan usaha koperasi. Terlebih dalam kegiatan RAT diadakan evaluasi perkembangan koperasi tahun lalu dan menyusun rencana untuk periode mendatang. Sehingga hal ini merupakan salah satu terobosan dan inovasi baru demi pengembangan dan kemajuan koperasi.

“Jadi anggota koperasi itu bukan hanya sekedar anggota saja, tapi juga merupakan pemilik koperasi itu sendiri. Para anggota dipersilakan untuk menyampaikan ide, gagasan, atau koreksi demi kemajuan koperasi,” tandasnya.

Selain acara laporan pertanggungjawaban, dalam kegiatan ini juga dilaksanakan pelantikan pengawas koperasi. Yaitu Mayor Tek Sudayoto yang didapuk menjadi Ketua Pengawas Antar Waktu lantaran ketua periode sebelumnya sudah memasuki usia pensiun. (*)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *