Konsultan PLUT Sleman Beri Layanan Konsultasi via Trijaya FM, Soal Usaha di Masa Pandemik

SLEMAN – Konsultan PLUT KUMKM Kabupaten Sleman menjadi narasumber pada Program perdana bertajuk “Warung sebelah Rumah” di Radio Trijaya FM Yogyakarta pada Rabu, 29 April 2020.

Program ini disiarkan secara langsung pada pukul 10.00 – 11.00 WIB dengan tema tetap ‘Berjualan di Masa Pandemik’. Tema ini dipilih untuk merespon kebutuhan UMKM Sleman agar tetap bisa berjualan dan melancarkan perputaran uang melalui transaksi mereka.

Pada kesempatan tersebut, konsultan PLUT KUMKM Sleman diwakili oleh Bayu Bharotodiasto selaku konsultan pemasaran dan Masreza Parahadi sebagai konsultan produksi.

Keduanya memberikan penjelasan rinci mengenai langkah-langkah agar tetap bisa berjualan di masa pandemik ini. Semisal dengan cara optimalisasi pemasaran digital, strategi pemasaran yang unik dan kreatif serta menunjukkan empati serta shifting bisnis.

Acara ini pun menarik perhatian para pelaku usaha yang mendengarkan konsultasi daring ini. Para pendengar mengajukan pertanyaan dan mengungkapkan permasalahan yang mereka hadapi melalui WhatsApp.

Satu di antaranya Rudi yang berasal dari Tempel, Sleman. Ia mengajukan pertanyaan tentang bagaimana caranya agar bisnis bisa mendapatkan pemasukan yang stabil di masa COVID-19 seperti ini. Selain itu ada juga beberapa pertanyaan dari Bantul dan juga daerah Kota Yogyakarta.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Bayu menjabarkan bahwa untuk mendapatkan pemasukan yang stabil di masa pandemik seperti sekarang ini sepertinya tidak mudah. Namun ada upaya untuk menjual produk dengan promosi digital. Strategi yang digunakan harus kreatif, unik dan menunjukkan empati, serta memberikan promo-promo menarik terhadap konsumen. Selanjutnya adalah perkuat hubungan dengan pelanggan setia kita.

Siaran perdana Warung Sebelah Rumah mendapat respon yang baik dari pendengar Trijaya FM dan juga pelaku UMKM di daerah Sleman. Sehingga diharapkan melalui program ini, Dinas Koperasi dan UKM Sleman dan PLUT Sleman bisa berkontribusi terhadap perkembangan perekonomian Kabupaten Sleman dengan cara memberikan pengetahuan mengenai bisnis/ usaha melalui siaran radio.

Selain itu juga menjadi media supaya PLUT KUMKM yang digagas oleh Dinkop UKM Sleman ini bisa lebih dikenal luas dan dapat memberikan kontribusi lebih banyak lagi kepada masyarakat. (*)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *