Laporan Program Satgas COVID-19 UMKM Sleman Selama 3 bulan Terakhir

SLEMAN – Masa Pandemi Covid-19 tidak hanya dirasakan oleh para pekerja yang dirumahkan, tetapi juga UMKM khususnya usaha mikro. Banyak kegiatan usaha yang pada akhirnya harus terhenti di tengah wabah yang melanda selama empat bulan terakhir di Indonesia.

Berbagai kebijakan di tengah masa sulit ini akhirnya ditempuh oleh pemerintah yang kemudian dilaksanakan oleh SKPD di daerah.

Seksi Pegembangan Usaha Mikro yang berada di bawah Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sleman turut berperan aktif menjadi bagian dari Satgas Covid-19 yang dimulai dari bulan Maret 2020.

Dalam kurun waktu tiga bulan (Maret – Mei) telah berhasil menyelenggarakan kegiatan untuk pemberdayaan UMKM guna mempertahankan stabilitas usaha dan perekonomian. Khususnya di Kabupaten Sleman kegiatan tersebut meliputi:

  1. Pendataan UMKM Siaga Covid-19 dalam pembuatan APD, Masker, Hazmat, Shoes Cover, Sanitizer. Berdasarkan pendataan tersebut diperoleh 384 UMKM di Kabupaten Sleman yang menyatakan sanggup memproduksi kebutuhan di atas.
  2. Pendataan UMKM berdampak Covid-19 melalui portal www.satudata.slemankab.go.id.
  3. Kerja sama dengan mamajahit.id yang melibatkan 23 UMKM dan diperoleh 133 APD Baju Hazmat dan 200 pasang Shoes Cover.
  4. Kerja sama dengan KORPRI, sebanyak 56 UMKM terlibat dan berhasil menyelesaikan 9023 masker untuk dibagikan ke pegawai SKPD di Kabupaten Sleman, Pedagang Pasar, UMKM dan masyarakat.
  5. Proyek pembuatan masker yang diinisiasi oleh Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, melibatkan 84 UMKM dan diperoleh 10.890 masker.
  6. Pembuatan Baju Gown Medis yang berhasil diproduksi sebanyak 500 baju oleh 20 UMKM dengan sumber pendanaan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman yang kemudian dibagikan ke 25 puskesman yang berada di wilayah Sleman.
  7. Sebanyak 4.143 masker berhasil diselesaikan oleh 15 UMKM kerja sama dengan Koperasi AMAN Kabupaten Sleman.
  8. Pemberdayaan 4 UMKM untuk memproduksi 1.350 masker kerja sama dengan Dinas Pekerjaan Umum. Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Sleman

 

Rincian kegiatan dalam kurun Maret hingga Mei kami sertakan dalam bentuk tabel sebagai pertanggungjawaban kami selaku bagian dari Satgas Covid-19 untuk masyarakat luas.

Dalam kurun waktu tiga bulan terakhir ini menjadi waktu yang berharga bagi Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sleman karena dapat sedikit merubah suasana “duka” di tengah wabah yang hampir melumpukan segala aktifitas usaha UMKM menjadi sebuah Semangat Berkarya untuk terus Berjuang Hidup namun tetap dalam Kondisi Sehat.

Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkenan bekerja dengan kami dan mohon maaf apabila selama proses kerja sama masih terdapat kekurangan. SALAM UMKM SEMBADA!

 

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *