Konsultasi PLUT Sleman On Air : New Normal untuk Pedagang Eceran dan Warung

SLEMAN – Seperti yang kita tahu, bahwa WHO telah menyatakan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) sebagai sebuah pandemi. Penyebaran COVID-19 di Indonesia saat ini sudah semakin meluas lintas wilayah dan lintas negara yang diiringi dengan peningkatan jumlah kasus dan/atau jumlah kematian.

Situasi ini kian berdampak pada aspek politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan, serta kesejahteraan masyarakat di Indonesia, sehingga diperlukan strategi dan upaya yang komprehensif dalam percepatan penanganan COVID-19.

Penanggulangan pandemi COVID-19 ini membutuhkan peran serta dari semua pihak baik Pemerintah Pusat, Pemerintah daerah, pihak swasta dan seluruh elemen masyarakat di wilayah Negara kita.

Faktanya, dunia usaha dan masyarakat pekerja memiliki kontribusi besar dalam memutus mata rantai penularan karena besarnya jumlah populasi pekerja dan besarnya mobilitas serta interaksi penduduk umumnya disebabkan aktifitas bekerja.

Tempat kerja sebagai titik pertemuan interaksi dan berkumpulnya orang merupakan factor resiko yang perlu diantisipasi penularannya. Sehingga pemerintah melalui PP no 21 tahun 2020 menetapkan berlakunya PSBB dan meliburkan aktivitas bisnis dan usaha.

Namun demikian dunia kerja tidak mungkin selamanya dilakukan pembatasan, roda perekonomian harus tetap berjalan, untuk itu pasca pemberlakuan PSBB dengan kondisi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung, perlu dilakukan upaya mitigasi dan kesiapan tempat kerja seoptimal mungkin sehingga dapat beradaptasi melalui perubahan pola hidup pada situasi COVID-19 (New Normal).

New Normal (covid 19) sendiri memiliki makna yaitu mulai melakukan kegiatan seperti sedia kala dengan mengadopsi dan menjalakan portokol pencegahan dan keamanan untuk mengurangi serta mencegah peningkatan penderita infeksi penyakit menular (covid 19).

Meskipun pemberlakuan New Normal masih belum ada kepastian, namun tidak ada salahnya untuk bersiap dengan segala kemungkinan yang akan terjadi. Kesiapan menghadapi kondisi New Normal juga harus dilakukan oleh pelaku usaha, termasuk pengusaha eceran atau warung. Untuk tahu lebih banyak, akan dikupas pada Program “Warung Sebelah “ di Trijaya FM pada hari Rabu 24 Juni 2020 pk. 10.00.

Selain dapat berkonsultasi dengan konsultan PLUT KUKM Sleman, juga dapat sharing dengan Iswanto “Yopi Kopi” salah satu pelaku UMKM di Sleman. (*)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *