Puluhan Warga UMKM Sleman Antusias Ikuti Kelas Online Pemasaran Digital

SLEMAN – Kondisi pandemic ini mengharuskan belajar untuk mengikuti perilaku kenormalan baru. Mengikuti protokol kesehatan dengan baik, physical distancing adalah di antaranya.

Tapi kondisi seperti ini tidak lantas membuat menghentikan semua kegiatan kita. Upaya untuk selalu meningkatkan kemampuan tetap diperlukan oleh para pelaku UMKM untuk bersaing di dunia usaha .

KALI NIL atau Kelas Online Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten mengadakan Online Class sebagai upaya untuk memberikan kesempatan meningkatkan kemampuan UKM namun disesuaikan dengan kondisi kekinian yang harus tetap malakukan protokol kesehatan salah satunya adalah physical distancing.

Telah dilakukan 2 online clas. Pada tanggal 20 Juli 2020 mulai pukul 15.30 – 18.00 WIB dengan tema “Promosi dengan Media Sosial” dengan Narasumber Didik Arwinsyah seorang internet marketer.

Pada kesempatan tersebut dibagikan pengetahuan mengenai bagaimana meningkatkan followers Instagram sebagai pendukung sarana pemasaran produk UMKM.

 

Sesi ini cukup disambut antusias oleh UMKM, tergabung sekitar 40 partisipan yang mengikuti kelas ini. Selain disampaikan materi, peserta dapat berinteraksi, bertanya langsung mengenai permasalahan yang mereka hadapi ataupun hal-hal yang belum dipahami kepada narasumber melalui fasilitas zoom meeting.

Pada tanggal 22 Juli 2020 mulai pukul 15.30 – 18.00 WIB telah dilakukan online class dengan tema “ Phone Photography”. Photo Produk turut berperan penting dalam proses pemasaran. Poto produk yang bagus tidak harus dilakukan oleh forografer professional dan dengan kemera professional namun sebenarnya untuk menghasilkan proses juga dapat dilakukan oleh UMKM sendiri dengan peralatan yang sederhana termasuk dengan smartphone yang dimiliki.

 

Materi ini diberikan oleh Hadyan Adhy Sutanto dari Fisipol UGM. Tercatat 38 partisipan yang tergabung pada sesi tersebut.

 

Selain disampaikan materi, tips dan trik bagaimana memotret produk sengan smartphone dan peralatan yang dimiliki, peserta juga dapat berinteraksi bahkan dapat dilakukan review atas photo produk para UMKM.

Online Class masih akan berlangsung 6 kali lagi yaitu pada tanggal 24 July 2020 dengan tema “ Promosi Dengan Market Place “ Narasumber Endah Wening dari Sleman Mart, tanggal 27 Juli 2020 tentang “Copy Writing” bersama Bayu Agus Prabowo, tanggal 29 Juli 2020, tanggal 29 Juli 2020 tentang “Menghitung HPP”, tanggal 3 Agustus 2020 tentang Google My Bussines . tanggal 5 Agustus 2020 tentang “ PIRT “ dan tanggal 7 Agustus 2020 tentang Jejaring.

Seluruh kelas dilakukan pada pukul 15.30 – 18.00 dengan menggunakan zoom meeting. Pemilihan waktu dan system pembelajaran tersebut disesuaikan dengan waktu para UMKM diamna pada waktu tersebut biasanya proses produksi sudah selesai sehingga pelaku UMKM dapat mengikuti kelas dengan lebih nyaman.

Kelas online ini gratis, dapat diikuti oleh pelaku UMKM Sleman dengan mendaftar lebih dahulu melalui https://bit.ly/kalinil. Tersedia subsisi peket data senilai maksimal 50.000 untuk 30 pendaftar pertama di setiap kelas dan give away untuk peserta terpilih. (*)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *