KONSULTASI PLUT : Seluk Beluk Pembiayaan Fintech Lending

SLEMAN – Para pelaku usaha terutama UMKM pada umumnya saat ini dalam kondisi bertahan untuk menjalankan bisnisnya. Untuk bertahan dan bangkit seringkali UMKM terkendala akses permodalan. Saat ini pembiayaan dari lembaga keuangan formal (perbankan, leasing, pegadaian) juga masih lambat karena kondisi semua usaha masih terdampak covid 19.

Salah satu alternatif pembiayaan diera digital saat ini adalah pembiayaan melalui Fintech (financial technology). Dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat saat ini aktivititas financial bisa dilakukan dengan lebih mudah dan praktis.
Bank Indonesia mendefinisikan financial technology sebagai hasil gabungan antara teknologi dan jasa keuangan, yang mengubah model bisnis dari konvensional menjadi moderat. Jadi, yang pada awalnya harus melakukan transaksi dengan bertemu langsung atau bertatap muka, kini bisa dilakukan walau dengan jarak jauh dalam hitungan detik saja.

Manfaat yang ditawarkan oleh fintech adalah kemudahan layanan finansial baik berupa transaksi keuangan, pencatatan keuangan sampai dengan pembiayaan. Dengan adanya alternatif pembiayaan melalui fintech memungkinkan kendala jarak dan waktu proses pengajuan pembiayaan sampai dengan pencairan permodalan bagi umkm menjadi lebih cepat.

Sistem ini juga cocok dilakukan pada saat pandemic ini, karena meminimalkan kontak langsung ketika melakukan pembayaran.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai Pembiayaan Melalui Fntech Lending dapat diikuti pada program “Warung Sebelah” di Trijaya FM 97.00 pada hari Rabu tanggal 5 Agustus 2020 Pukul 10.00 bersama A.M. Bintar, SE Konsultan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUKM Sleman dan G. Prasetyo Jati owner “Sundara” Goni Craft. (*)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *