2.162 UMKM Sleman Peroleh Banpres Produktif untuk Usaha Mikro

SLEMAN – Presiden Joko Widodo meluncurkan program Banpres Produktif untuk Usaha Mikro (BPUM) bagi UMKM yang terkena dampak Pandemi Covid-19, pada Senin (24/8/2020) kemarin. Peluncuran program dilaksanakan melalui virtual meeting dari Istana Negara dan diikuti oleh lebih dari 400 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Dalam arahannya, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa bantuan uang ini bukan merupakan pinjaman, melainkan hibah. Nantinya bantuan tersebut dapat digunakan untuk memperkuat modal kerja bagi UMKM yang terkena dampak Pandemi Covid-19 saat ini.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan bahwa pada tahap pertama telah diluncurkan 1 juta BPUM kepada UMKM penerima bantuan. Bantuan langsung ditransfer ke rekening milik UMKM penerima melalui 2 bank BUMN yakni BRI dan BNI.

Dari jumlah tersebut, 2.162 di antaranya merupakan UMKM penerima bantuan di Kabupaten Sleman. Mereka tercatat sudah menerima bantuan program yang disalurkan melalui Bank BRI Cabang Sleman.

Adapun acara peluncuran program ini disaksikan juga oleh jajaran Dinas Koperasi dan UKM Sleman, UMKM penerima bantuan di Kabupaten Sleman, serta jajaran Bank BRI Cabang Sleman secara virtual di Gedung Kantor BRI Cabang Sleman, di Jalan Magelang.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinkop UKM Sleman, Pustopo yang memberikan pembekalan menekankan bahwa uang bantuan tersebut seharusnya digunakan untuk kepentingan penguatan modal usaha, dan bukan untuk tujuan kebutuhan konsumtif.

Ia juga berpesan agar dana bantuan tidak langsung diambil semuanya namun disesuaikan dengan kebutuhan dan rencana pengembangan usaha. Sehingga penggunaan uang dapat dikelola dengan baik dan tepat sasaran.

Tak lupa dirinya juga menekankan kepada warga UMKM untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam berbagai aktivitas harian, semisal kegiatan pelayanan kepada pelanggan. Ini sangat penting dilakukan untuk memutus mata rantai penularan virus corona.

“Pakai masker, jaga jarak, cuci tangan dan kalau memungkinkan buat tirai dalam transaksi dengan pelanggan,” tandasnya. (*)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *