3 Koperasi di Sleman Peroleh Pembiayaan LPDB-KUMKM Rp 7,5 Miliar

Keterangan foto : Kunjungan Direktur LPDB, Supomo ke UKM Arum Manis Haji Ardi, di Sendangtirto, Berbah

SLEMAN – Direktur LPDB Supomo melakukan kunjungan kerja ke UKM Arum Manis Haji Ardi di Sendangtirto, Berbah, Sleman pada Selasa (25/8/2020). Kunjungan ini dimaksudkan untuk melihat langsung aktivitas ekonomi UMKM di Sleman khususnya wilayah Kecamatan Berbah yang telah mempunyai Forum Komunikasi (FORKOM).

Hadir pula Bupati Sleman Sri Purnomo didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Camat Berbah serta sejumlah anggota DPRD Sleman.

Keterangan foto : Kunjungan Direktur LPDB, Supomo ke UKM Arum Manis Haji Ardi, di Sendangtirto, Berbah

Dalam acara tersebut, Supomo secara simbolis menyerahkan pembiayaan dana bergulir LPDB kepada KSPPS BMT BIF sebesar Rp. 6 miliar.

LPDB-KUMKM sendiri diberi tugas oleh Presiden Joko Widodo untuk menyalurkan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar Rp 1 triliun.

Penyaluran dana tersebut bertujuan untuk membantu KUMKM agar tetap menjalankan usaha di tengah masa sulit akibat pandemi Covid-19.

Keterangan foto : Penyerahan simbolis pembiayaan dana bergulir LPDB kepada KSPPS BMT BIF sebesar Rp. 6 miliar

Dengan demikian, diharapkan sektor yang menumpu mayoritas ekonomi di Indonesia itu tidak terimbas perlambatan ekonomi dunia.

Tak hanya itu, LPDB-KUMKM juga menargetkan untuk menyalurkan dana bergulir sebesar Rp 1,85 triliun pada 2020. Dana itu akan diberikan 70 persen untuk koperasi sektor riil dan 30 persen untuk koperasi simpan pinjam.

Sementara sampai saat ini realisasi penyaluran sudah tercapai 62%.

Keterangan foto : Penyerahan simbolis pembiayaan dana bergulir LPDB kepada KSPPS BMT BIF sebesar Rp. 6 miliar

“LPDB-KUMKM ke depan itu banyak tuntutan. Adanya ‘New LPDB’ dalam kondisi Covid-19 seperti ini, kita harus bekerja lebih optimal sehingga pelayanan, kepuasan kepada masyarakat, dan peningkatan kesejahteraan di masyarakat bisa dirasakan. Jadi perlu LPDB-KUMKM yang baru untuk melakukan pendampingan dan percepatan,” ungkap Supomo.

Dalam kunjungan ini Supomo juga mengajak 40 calon pegawai LPDB KUMK sekaligus melakukan orientasi kepada calon pegawai tersebut, dalam rangka meningkatkan kemampuan calon pegawai, baik soft competency maupun hard competency. Hal itu dilakukan untuk mendukung serta membentuk kesiapan calon pegawai dalam menjalankan tugas dan fungsinya kelak di unit kerjanya masing-masing.

Sementara itu Bupati Sleman Sri Purnomo menyambut baik penyaluran dana LPDB KUMKM kepada 3 (tiga) Koperasi di Sleman sebesar Rp 7,5 miliar, adanya penyaluran dana ini dapat meningkatkan aktivitas ekonomi di Wilayah Sleman. (*)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *