Kementerian Koperasi dan UKM, Dorong PLUT Sleman Jadi Rumah Besar bagi UMKM

SLEMAN – Dinas Koperasi, UKM Sleman menerima kunjungan kerja dari Kementerian Koperasi dan UKM pada Kamis, 22 Oktober 2020. Kunjungan ini dipimpin oleh Asisten Deputi Pendampingan Usaha Deputi Restrukturisasi Usaha Kemenkop UKM, Fitri Rinaldi. Kegiatan tersebut merupakan serangkaian kunjungan kerja PLUT area Jawa Tengah DIY yang bertujuan untuk mengkoordinasikan program dan kegiatan yang berjalan di PLUT.
Rombongan yang berjumlah 10 orang ini diterima oleh Kepala Dinas Koperasi, UKM Drs. Pustopo beserta jajarannya di ruangan Nayotama PLUT Sleman.

Dalam paparannya, Pustopo menyampaikan bahwa awal mula berdirinya PLUT Sleman adalah kegiatan Pojok Konsultasi yang selalu hadir menyapa UKM setiap minggunya. Guna menjawab dan memberikan layanan konsultasi kepada masyarakat maka pada tanggal 25 Juli 2019 diresmikan PLUT Sleman dengan 5 konsultan yaitu Bidang Pembiayaan, Kelembagaan, Produksi, Pemasaran dan SDM.

Sampai dengan saat ini kegiatan pendampingan UKM tetap berjalan secara online dan offline yang didukung juga dari penganggaran APBD Sleman.

Pustopo menambahkan bahwa mayoritas pelaku usaha di kabupaten sleman masuk kategori usaha mikro, dan selama PLUT Sleman berdiri sudah tercatat sejumlah 981 sobat PLUT yang tergabung. Selain itu dengan adanya satu data UMKM Sleman dan Slemanmart, diharapkan para pelaku usaha di Kabupaten Sleman dapat terdata secara lebih spesifik di web dan juga dapat memasarkan produknya di portal belanja slemanmart.id

Sementara itu, Kepala Sub Bidang Pendampingan Sri Widodo mengapresiasi atas perjuangan PLUT Mandiri Sleman. Walaupun masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi, namun dengan adanya program yang sudah berjalan diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Ke depannya akan dilakukan sinkronisasi program peningkatan kapasitas bagi perkembangan PLUT di Sleman.

 

Adapun Fitri Rinaldi mengatakan bahwa informasi kelembagaan PLUT sangat penting dimana akan dijadikan masukan dan kajian di Kementerian Koperasi, UKM. Pihaknya ingin melihat perkembangan PLUT Sleman guna perbaikan yang dianggap perlu baik dari sisi regulasi ataupun optimalisasi pengelolaan PLUT. Ke depannya, program juga akan disinergikan di UKM Sleman. Oleh karenanya PLUT harus bisa menempatkan diri agar perannya terasa bagi UMKM. (*)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *