Dorong Pemasaran Produk UMKM, Sleman Jalin Kerjasama dengan Indomaret dan GoJek

SLEMAN – Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman menyelenggarakan kegiatan temu usaha di Hotel Grand Keisha pada hari Selasa tanggal 27 Oktober 2020. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari Merchandiser, PT Indomarco, Sunarya dan Nanang dari Bagian UMKM. Selain itu hadir pula Dito Dewartantya Manager Sales GoFood Regional Jogja Jawa Tengah.

Kegiatan ini merupakan inisiasi Dinas Koperasi UKM dalam rangka membantu pelaku usaha mikro dalam mengembangkan jaringan dan pemasaran produk. Caranya dengan kerjasama untuk pemasaran produk di jaringan toko modern Indomaret yang tersebar di seluruh wilayah Sleman.

Sebagai informasi, hingga saat ini ada lebih dari 100 unit jaringan Indomaret di Kabupaten Sleman. Keberadaannya sudah sesuai dengan Perda No.14 Tahun 2019 tentang Penataan Pusat Perbelanjaan Dan Toko Swalayan pada pasal 14. Perda ini mengatur tentang adanya pembahasan tentang kemitraan dengan UMKM. Jika toko modern dapat menampung minimalnya 5 % saja, maka diharapkan perputaran ekonomi masyarakat akan semakin membaik. Apalagi pada saat pembatasan sosial di masa pandemi ini.

Sedangkan kerjasama pemasaran dengan PT gojek diwujudkan melalui program pengiriman produk dengan aplikasi on line go food. Hal ini diharapkan dapat menjembatani antara konsumen dan produsen dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Adapun kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi UKM Sleman, Pustopo serta dihadiri oleh 45 orang pelaku UMKM. Dalam sambutannya Pustopo mengatakan bahwa kegiatan temu usaha ini merupakan ajang dipertemukan antar pelaku usaha di mana pelaku usaha yang besar dapat merangkul yang masih kecil dan yang kecil bisa merangkul yang besar. Harapan ke depan akan terjalin kemitraan yang artinya terjadi hubungan yang saling menguntungkan

Semetara itu Kepala Bidang Usaha Mikro, Fahmi Khoiri dalam paparannya mengatakan bahwa akan ada pemberian subsidi free ongkos kirim bagi UMKM Sleman sampai dengan bulan Desember mendatang. Program ini dapat dimanfaatkan oleh UMKM yang sudah tergabung dalam program Gobiz.

Bagi UMKM di Kabupaten Sleman yang berminat mengikuti program fasilitasi pengiriman gratis via gofood tersebut dapat mendaftar melalui link : https://s.id/paketkudiantargojek

Selama berlangsungnya acara terlihat peserta cukup antusias dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada narasumber serta evaluasi dan usulan. Di antaranya syarat dan cara gabung dengan gojek dan menjadi supplier Indomaret. (*)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *