Konsultasi PLUT : Merancang Aturan Dasar Usaha

Memiliki usaha sebaiknya mengetahui aturan dasar usaha, hal tersebut diperlukan agar apa yang kita usahakan memiliki arah serta tujuan yang jelas, sehingga apa yang akan kita laksanakan berjalan secara baik dan benar sesuai target yang diinginkan.

Beberapa aturan dasar tersebut diantaranya:

1. Memiliki izin usaha

Saat ini izin dasar usaha UMKM dipermudah dengan cara on line melalui OSS, untuk itu sebagai warga negara yang baik sebaiknya memanfaatkan kemudahan ini, untuk bisa membuat izin usahanya, karena izin usaha pada akhirnya sangat membantu kita dalam melaksanakan aktivitas usaha.

2. Pisahkan keuangan usaha serta keuangan keluarga

Untuk mengontrol jalannya usaha cara ini sangat penting, karena dengan memisahkan keuangan kita dapat mengetahui apakah kegiatan usaha yang kita laksanakan berjalan sesuai dengan tujuan usaha kita, dengan adanya pemisahan keuangan ini kita dapat mengetahui apakah usaha yang kita lakukan memiliki keuntungan atau malah sebaliknya mengalami kerugian, sehingga analisis keuangan akan lebih mudah untuk melangkah lebih baik ke depannya.

3. Tentukan HPP dengan tepat

Dengan mengetahu Harga pokok produksi secara tepat, kita akan memiliki usaha yang lebih baik, karena dengan perhitungan yang tepat kita bisa menentukan keuntungan yang akan kita ambil, hal ini juga sangat diperlukan dalam rangka mengatasi persaingan usaha yang akan kia temui.

4. Fokus kelebihan produk

Disaat kita memiliki produk dari usaha kita, kita harus benar-benar paham dengan produk yang kita jual, sehingga kualitas yang akan kita hasilkan bisa diperanggung jawabkan kepada konsumen, dengan fokus ke kelebihan produk, kita tidak perlu terlalu khawatir dengan harga yang akan kita tentukan.

5. Manfaatkan teknologi

Perkembangan teknologi saat ini sangat membantu aktivitas kita, hal ini sangat penting untuk kita manfaatkan, terutama untuk pemasaran, berbagai medsos gratis bisa kita manfaatkan untuk membantu pemasaran usaha kita. Untuk itu jangan pernah berhenti belajar untuk teknologi yang saat ini mudah kita akses.

6. Bekerja dengan efisien

Bekerja dengan efisien sangat kita perlukan untuk usaha yang baik, karena itu sebagai pengusaha harus memiliki manajemen yang cukup baik, satu diantaranya adalah manajemen waktu, memang untuk usaha mikro kadang ada keterbatasan, karena terkadang melakukan segala aktivitasnya secara sendiri dan tidak memiliki karyawan, akan tetapi saat sekarang banyak hal yang bisa kita manfaatkan untuk bisa lebih efisien dalam bekerja, sebagai contoh saat pengiriman barang, saat ini tersedia banyak media pengiriman yang relativ murah bahkan ada yang gratis. Untuk itu sebagai pengusaha wajib mengetahui perkembangan kegiatan usaha dan fasilitas-fasilitas usaha yang telah disediakan untuk kita.

Hal itulah yang akan menjadi pokok bahasan dalam program Konsultasi PLUT Sleman ‘Warung Sebelah’ yang akan tayang melalui siaran Trijaya FM pada Kamis (4/1/2021) mulai pukul 10.00 WIB. Anda bisa ikut serta berdiskusi atau memberikan pertanyaan melalui nomor WhatsApp 0819 9800 9700

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *