Konsultasi PLUT : Meningkatkan Penjualan Melalui Strategi Kemasan Produk

Kemasan produk merupakan salah satu faktor yang mendorong seseorang memutuskan untuk membeli atau tidak sebuah produk.

Bagaimana pun desain kemasan memiliki satu nilai tambah yang bisa dijadikan sebagai perangkap emosional terbaik yang mampu dalam menjaring konsumen. Dalam konteks komunikasi visualnya, bentuk kemasan sudah menjadi salah satu bagian yang harus dipikirkan oleh tim marketing perusahaan.

Hal inilah yang akan menjadi bahasan utama dalam program Konsultasi PLUT Sleman ‘Warung Sebelah’ yang disiarkan di Trijaya FM, pada Kamis (25/2/2021) mulai pukul 10.15 WIB.

Fungsi Penting dari Packaging/Kemasan

Bagi para konsumen, merek dan kemasan akan mampu menambah nilainya bagi konsumen. Dengan adanya persepsi dan keyakinan atas produk yang menyebabkan konsumen ingin sekali terasosiasikan dan membelinya, sehingga para konsumen tidak akan segan untuk membayar mahal dalam mendapatkan produk dengan merek dan kemasan tertentu.

Berikut ini merupakan beberapa fungsi penting dari kemasan yang harus lebih diperhatikan lagi oleh para oleh produsen:

1. Sebagai Tempat Produk

Untuk menentukan daya muat dari sebuah kemasan harus diketahui terlebih dahulu bagaimana berat dan jenis produk yang akan ditempatkan kedalam kemasan tersebut. Karena itulah dalam membuat kemasan dari suatu produk diperlukan adanya penentuan desain yang khusus, apakah menggunakan kemasan berwujud kotak, kaleng, tube maupun dalam botol agar dapat sesuai dengan produknya. Selain itu kemasan juga dapat memberikan berbagai kemudahan serta dapat melindungi produk dalam hal pendistribusiannya. Syarat minimum dari kemasan dari suatu produk adalah dari kemasan harus dapat melindungi keutuhan dari isi produk.

2. Sebagai Identifikasi Produk

Identifikasi dari sebuah produk sangat penting karena biasanya produk perusahaan akan dijual bersama dengan produk lainnya yang sejenis. Karena itulah kemasan produk dapat digunakan untuk membedakannya dengan produk yang lain yang sejenis dan sudah dihasilkan oleh produsen lain.

3. Memudahkan Penggunaan Produk

Fungsi lain dari kemasan produk adalah untuk lebih memudahkan para konsumen dalam menggunakan produk. Kemudahan bagi para konsumen dalam arti kemasan yang lebih mudah untuk dibuka, isinya mudah dikeluarkan dan mudah untuk dibawa kemanapun.

4. Mewakili Promosi Produk

Kemasan yang dapat melindungi dan memudahkan dalam hal penggunaan produk juga akan semakin menambah nilai jual dan promosi dari produk tersebut. Biasanya barang konsumsi yang ada dipasar swalayan atau dari toko-toko eceran akan diletakkan berdekatan dengan produk pesaing. Promosi barang tersebut juga sangat bergantung kepada kemasan, karena kemasan juga memiliki pengaruh yang lebih besar dalam pajangan untuk memikat para konsumen. Perbaikan kemasan merupakan cara yang paling efektif dalam usaha untuk menarik konsumen-konsumen baru.

Alasan Utama Mengapa Kemasan Sangat Diperlukan:

1. Kemasan sebagai pelindung produk yang masih dalam perjalanannya dari produsen menuju konsumen agar produk tersebut tidak sampai rusak. Untuk beberapa jenis produk yang dapat membahayakan anak-anak biasanya akan diberi kemasan pelindung khusus. Selain itu barang yang diberikan kemasan biasanya menjadi lebih bersih dan cukup menawan.

2. Melalui kemasannya melakukan identifikasi produk menjadi lebih efektif. Kemasan merupakan satu-satunya cara bagi perusahaan untuk membedakan produk-produknya. Para pengecer juga sudah mengakui bahwa kemasan yang mengandung ciri-ciri khusus seperti promosi dan perlindungan barang lebih efektif untuk meningkatkan penjualan dan mengurangi biayanya karena rusaknya sebuah produk.

3. Bentuk dan ciri dari sebuah kemasan yang sedemikian menariknya akan semakin menggundang rasa penasaran dari para pelanggan dan mereka kebanyakan akan bersedia untuk membayar lebih mahal hanya untuk sekedar memperoleh produk dengan kemasan istimewa tersebut. Peningkatan laba juga bisa didapatkan melalui efisiensi biaya pemasaran yang akan diperoleh dari kemasan yang lebih efektif. Kemasan yang dapat melindungi produk, kemasan yang memberikan ciri-ciri promosi pada produk, semuanya ini akan dapat menekan biaya, baik itu adalah biaya kerusakan dan biaya advertensinya.

Inovasi dari sebuah produk yang bertujuan untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan, karena sebuah produk biasanya sangat rentan terhadap terjadinya perubahan kebutuhan dan selera dari para konsumennya, teknologi, siklus hidup produk yang lebih singkat, serta semakin meningkatnya persaingan domestik dan luar negeri. Inovasi produk yang dilakukan harus melalui hasil penelitian pasar yang matang, sehingga dapat menghasilkan sebuah produk yang benar-benar sesuai dengan selera pasar. Meskipun bagi perusahaan sendiri akan lebih mementingkan mutunya, akan tetapi apabila perusahaan tidak memperhatikan selera dari para konsumen, maka akan menyebabkan produknya semakin tidak diminati oleh pasar, bahkan para konsumenpun akan langsung beralih pada produk yang lainnya, sehingga penjualan akan menjadi semakin menurun drastis. (*)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *