Skip to content Skip to left sidebar Skip to right sidebar Skip to footer

Bagaimana Melakukan Analisa SWOT untuk Kemajuan Usaha?

Sebagai pemilik usaha tentunya Anda berkeinginan untuk memiliki perkembangan usaha yang semakin baik. Konsekuensinya adalah, Anda harus memahami ilmu bisnis dengan baik supaya dapat mengikuti perkembangan yang terus terjadi.

Hal itu dapat diketahui secara komprehensif dengan melakukan analisa SWOT yang mendalam.

Apa itu analiasa SWOT?

SWOT dipopulerkan oleh Albert S Humphrey; merupakan singkatan dari Strength, Weakness, Oportunity dan Threat.

1. Faktor Internal Analisis SWOT

Terdiri dari Strength dan weaknes yang menggambarkan kondisi usaha pada umumnya tanpa melihat fakor external, dengan cara melihat kekuatan dan kelemahan usaha kita dibanding pesaing.

Mengukur kekuatan:

a. Apa Kelebihan usaha kita
b. Apa yang membuat usaha kita lebih baik dari kompetitor
c. Apa Keunikan usaha kita
d. Penyebab konsumen membeli produk kita
e. Manfaat terbesar yang dirasakan oleh konsumen

Mengukur kelemahan:

a. Apa yang menyebabkan kita kehilangan pelanggan
b. Hal apa yang dilihat dan dirasakan oleh konsumen sebagai suatu kelemahan
c. Hal-hal apa yang bisa ditingkatkan dalam usaha kita
d. Hal-hal apa yang harus dihindari oleh usaha kita
e. Apa yang dilakukan oleh pesaing sehingga mereka lebih baik dari usaha kita

2. Faktor Eksternal Analisis SWOT

Terdiri dari peluang dan ancaman (oportunity dan threat), menunjukan kondisi yang terjadi di luar usaha kita, bisa mendukung usaha kita dan bisa juga sebagai penghalang. Kejadiannya diluar kendali kita, tugas kita mengantisipasi dan menyiapkan diri agar tidak berdampak buruk bagi usaha kita

Melihat Peluang :

a. Tren dan perubahan apa yang terjadi yang bisa berdampak dengan usaha kita
b. Apa hal-hal baik yang terjadi dan itu berdampak positif bagi usaha kita
c. Perkembangan politik, sosial ,ekonomi, dan teknologi apa yang berdampak positif bagi perusahaan

Melihat Ancaman :

a. Hambatan apa yang kita hadapi sekarang
b. Hal penting apa yang dilakukan oleh pesaing
c. Perkembangan apa saja yang menyebabkan ancaman bagi usaha kita
d. Adakah peraturan pemerintah yang akan mengancam perkembangan usaha

Analisa SWOT akan menjadi modal dasar dalam menentukan strategi apa yang terbaik dalam menjalankan bisnis.

1. Saat usaha kita memiliki banyak strength dan disisi lain opportunity terbuka luas (pertemuan SO), strategi kita adalah agresif (menyerang)
2. Saat usaha kita memiliki banyak kekuatan namun tingkat persaingannya sangat ketat (pertemuan ST), strategi yang kita pilih adalah diferensiasi (memiliki pembeda yang tegas dengan kompetitor)
3. Saat perusahaan memiliki banyak kelemahan dan persaingan semakin ketat (pertemuan WT),Strategi dipilih adalah defensive (bertahan), dengan kata lain yang penting bisa bertahan dan menggaji karyawan.
4. Saat usaha kita memiliki banyak kelemahan disisi lain banyak peluang terbuka di pasar (pertemuan WO) maka strategi yang perlu diambil adalah turn around (mengubah produk Anda atau mengubah model bisnis yang Anda jalani).

Nah, pembahasan terkait anaslisa SWOT ini akan dibahas tuntas dalam program ‘Warung Sebelah’ bersama Konsultan PLUT Sleman J Rahmat Sudrajat yang disiarkan langsung melalui Trijaya FM pada hari Kamis, 18 Maret 2021 mulai pukul 10.15 WIB. Anda juga bisa ikut serta dalam diskusi dengan menghubungi nomor WhatsApp 081998009700

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pilih Bidang Sesuai dengan yang Dikehendaki
WeCreativez WhatsApp Support
admin
Sekretariat
Tidak Tersedia
WeCreativez WhatsApp Support
admin
Bidang Usaha Mikro
Tidak Tersedia
WeCreativez WhatsApp Support
admin
Bidang Koperasi
Tidak Tersedia
WeCreativez WhatsApp Support
Admin PLUT Sleman
PLUT Sleman
Tidak Tersedia