KONSULTASI PLUT : Membuat Materi Media Sosial yang Menarik

Media sosial menjadi media yang efektif dalam promosi dan pemasaran produk. Namun hal itu tidak bisa dilakukan sambil lalu. Dibutuhkan konsistensi serta kemampuan dalam mengolah pesan serta desain yang menarik perhatian calon konsumen.

Nah di antara sekian banyak ide, 4 tipe konten berikut ini bisa Anda pertimbangan sebagai bahan materi unggahan di media sosial. Berikut rinciannya ;

1. Konten Inspiratif

Kebanyakan Bisnis terlalu berfokus menginformasikan betapa bagusnya produk mereka. Mulai dari spesifikasi, harga, dan lainnya. Yang Bisnis sering lupa adalah setiap calon pelanggan pasti memiliki Life Goals masing-masing. Bisnis seharusnya bisa menghubungkan bagaimana produk ataupun jasa mereka dapat membantu si calon pelanggan untuk mencapai Goals mereka. Dan ini bisa diraih melalui Konten Inspirasi (dan Konten Edukasi).

Setiap target audience akan memiliki interest dan pain point yang berbeda-beda, dan ini akan mempengaruhi bagaimana kita harus membuat konten inspirasi.

Sebagai contoh, coba perhatikan dua konten dari brand teknologi Huawei.

Keduanya mencoba menginspirasi 2 target market yang berbeda untuk salah satu produk tablet mereka.

Untuk audience Millenials, Huawei menampilkan bagaimana mereka akan memiliki kemudahan untuk bekerja secara mobile sambil menikmati hidup. Sesuatu yang sangat didambakan oleh anak-anak muda jaman sekarang.

Namun, untuk target market Orang tua (Parents), mereka menyuguhi gambar dimana tablet Huawei bisa mengasah minat dan bakat anak-anak sejak dini.

Ini adalah sesuatu yang didambakan oleh kebanyakan orang tua atas anak-anak mereka.

2. Konten Edukatif

Konten yang memberikan edukasi terhadap followernya dan dan menjawab pertanyaan yang sering muncul.

Contoh :
Jumlah share dan save dari setiap postingan meningkat. Para follower melihat postingan ini bukan sekedar menginspirasi tapi memberikan detail lengkap dari tempat wisata tersebut.

Tapi yang lebih keren-nya lagi…

Bookingan untuk trip service di Bali naik drastis. Ternyata, dengan mengedukasi audience dan membuat konten yang menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan (Frequently Asked Questions), saya dilihat sebagai ‘Expert’-nya Bali. Dan ketika mereka melihat saya juga menyediakan service berlibur di Bali, mereka sudah punya kepercayaan terhadap Brand saya dan memilih Liburan Bali.

Lalu seperti apa sih Konten-Konten Edukasi?

Coba deh perhatikan Instafeed kamu, saat ini banyak sekali Postingan yang menginspirasi dengan menggunakan konsep Microblogging Carousel.

Intinya sih postingan-postingan ini mengajarkan audience-nya practical mini lessons yang tujuannya sih sama.. Yaitu mewujudkan Life Goals.

3. Konten Hiburan

Contoh Konten Hiburan

Boleh sekali-kali membuat postingan ataupun Instagram Stories dengan konten-konten yang tujuannya untuk menghibur audience-mu. Bisa dengan permainan template, giveaway ataupun sekedar sharing pembahasan yang ringan tapi yang perlu diingat adalah harus tetap harus ada korelasi sama niche/ pasar supaya tidak out of topic

Caranya bagaimana?

Belakangan ini Instagram banyak mengeluarkan fitur-fitur baru, seperti yang ada di Fitur Instagram Stories, mulai dari feature Filter ala Snapchat & TikTok, Polling, Ask Questions, Stickers GIFs dan masih banyak lagi.

Silahkan coba deh cari ide-ide konten menghibur yang bisa dikombinasikan dengan fitur-fitur di atas. Dengan melakukan ini kita dapat menonjolkan karakter dan value-value dari bisnis kita.

4. Konten Kekinian

Ini adalah salah satu konten yang dapat digunakan untuk meningkatkan awareness dan engagement akun Instagram. Caranya adalah mengaitkan bisnismu dengan berita, event ataupun aktifitas yang lagi trending saat ini.

Contohnya :

Campaign Mannequin Challenge dari Star Wars fans untuk mempromosikan event mereka, karena mereka first to share, hasilnya mereka mendapatkan awareness yang tinggi sekali.

Selain Challenges, bisnis juga bisa mencari ide konten kekinian melalui berita-berita atau event yang sedang trending. Misalkan ditengah pandemik COVID-19 ini, kita bias menampilkan konten-konten yang menampilkan bagaimana cara beradaptasi di era New Normal ini.

Penasaran bagaimana ulasan selengkapnya? Simak dalam program Warung Sebelah di Trijaya FM bersama Konsultan PLUT Sleman Bayu Bharotodiasto pada Kamis, 8 April 2021 mulai pukul 10.15 WIB. Anda juga bisa ikut serta dalam diskusi dengan mengirimkan pertanyaan melalui nomor WhatsApp 0819 9800 9700

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *