Bupati Sleman Kukuhkan Forum komunikasi UMKM Kalurahan Balecatur

SLEMAN – Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengukuhkan pengurus Forum Usaha Mikro, Kecil Menengah (UMKM) Kalurahan Balecatur, Gamping pada Sabtu (10/4/2021). Acara tersebut digelar di Kantor Kelurahan Balecatur, Kapanewon Gamping dengan dihadiri oleh jajaran pemerintahan tingkat kalurahan, seluruh kepala dukuh setempat, camat serta Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Sleman, Endah Sri Widiastuti.

Dalam sambutannya, bupati Sleman menyampaikan bahwa UMKM di Sleman harus mampu bertumbuh sebagai penyokong ekonomi masyarakat. Diharapkan, forum UMKM kalurahan Balecatur yang baru saja dikukuhkan ini dapat menjadi fasilitator bagi UMKM di Balecatur, agar ke depan dapat tumbuh lebih baik.

“Pemerintah kabupaten Sleman akan berusaha mensupport dengan sebaik-baiknya, demi kemajuan UMKM,” ujar bupati Sleman dalam pidatonya.

Hal itu dinilai penting dan strategis mengingat UMKM sudah terbukti mampu menjadi penopang utama perekonomian negara.

Misalnya saat krisis 1998 silam. Para penggiat UMKM mampu menyelamatkan Indonesia dari jurang resesi  yang melanda sebagian Negara-negara di Dunia. UMKM juga sudah terbukti mampu menyediakan 90% lapangan kerja untuk mayasarakat.

Pada kesempatan yang sama Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Sleman, Endah Sri Widiastuti menekankan agar forum UMKM yang sudah terbentuk ini nantinya dapat membantu kerja pemerintah dalam melakukan pendataan UMKM dan transfer informasi program-program dari pemerintah kepada pelaku UMKM yang ada di kalurahan Balecatur.

“Ke depan, forum UMKM juga diharapkan mampu diwujudkan menjadi lembaga koperasi yang dapat mendukung UMKM dari sisi permodalannya,” katanya.

Pemerintah kalurahan Balecatur sendiri mengaku siap untuk mendukung kepengurusan forum UMKM Balecatur untuk maju. Serta senantiasa memohon arahan dan dukungan dari kapanewon Gamping, dinas koperasi dan UMKM, serta bupati Sleman selaku pemangku kebijakan di pemerintah Sleman untuk kemajuan UMKM Balecatur.

Hal inilah yang di sampaikan Andri Septiyanto selaku lurah kalurahan Balecatur dalam sambutannnya di acara pengukuhan ini.

Adapun dengan terbentuknya forkom di tiap kalurahan ini, maka akan mudah bagi UKM di pinggiran Sleman untuk mengakses semua informasi terkait pengembangan usaha dan fasilitasi dari pemerintah. Apalagi forkom Balecatur gamping Sleman termasuk salah satu pintu utama masuk kabupaten Sleman.

Berikut merupakan susunan pengurus Forum Komunikasi UMKM Kalurahan Balecatur :

Penasehat :

1. Andri Septianto
2. Endah Sri Widiastuti

Pembina

1. Giyono
2. Edy Santoso

Ketua : Luqman Johannudin
Wakil ketua : Suprihatin
Sekretaris 1 : Mayang Jelita
Sekretaris 2 : Alfia Nora Istina
Bendahara 1 : Nuri Setiawati
Bendahara 2 : Sakiyo Indrianto

Koordinator pedukuhan :

1. Gamol : Sri harjuni
2. Gejawan Kulon : septi pariyanti
3. Gejawan Wetan : yuli sadmini
4. Jatisawit : Suranto
5. Jitengan : Winanto
6. Kluwih : Mulyani
7. Ngaran : Rianti
8. Nyamplung Kidul : Eko Wijokongko
9. Nyamplung Lor : Eny Triwidayanti
10. Pasekan Kidul : Slamet Sri Welasih
11. Pasekan Lor : Dedi Dwinanto
12. Pereng Dawe : Parjuliyati
13. Pereng Kembang : Murkijo
14. Sembung : Kartiyono
15. Sumber : Marsudi
16. Sumber Gamol : Hartono
17. Temuwuh Kidul : Siti Setyaningsih
18. Temuwuh Lor : Teguh Triyunianto

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *