Bupati Sleman Secara Resmi Membuka Gelaran Pasar Lebaran 2021

Pembukaan Pasar Lebaran 2021
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sleman, Pustopo dan Sekretaris Dinas, Endah Sri Widiastuti saat berkeliling ke stan Pasar Lebaran 2021

SLEMAN – Gelaran Pasar Lebaran 2021 di Area Garden Sleman City Hall resmi dibuka pada Kamis (29/4/2021). Acara yang merupakan pameran produk UKM Sleman ini, dibuka oleh Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dengan didampingi oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sleman, Pustopo serta Sekretaris Dinas, Endah Sri Widiastuti.

Pameran ini mengusung tema ‘Ayo Borong Bareng Produk UMKM’.

Hal ini sejalan dengan tujuan gelaran acara yang dimaksudkan supaya warga masyarakat semakin peduli dengan produk-produk lokal Sleman. Harapannya, hal ini bisa ikut serta menggerakkan roda perekonomian warga khususnya para pelaku UMKM utamanya pada masa pandemi seperti sekarang ini.

Hal itu sejalan pula dengan target pemerintah yakni dalam program pemulihan ekonomi nasional.

Adapun dalam sambutannya, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengungkapkan bahwa ada sekitar 68 ribu UMKM di Sleman yang terimbas pandemi covid-19.

Mereka tak bisa berjualan, kesulitan produksi hingga tak sedikit yang memilih menghentikan usahanya.

Kondisi ini tentu berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Oleh karena itu, melalui ajang ini diharapkan para pelaku usaha kembali bergeliat dengan optimisme bahwa mereka akan segera bangkit kembali.

Apalagi produk-produk yang mereka jual pun tak kalah dengan produk – produk lain di luaran sana.

“Saya yakin kok, kalau makanan, rasanya tidak kalah dari yang ada di toko besar. Pengalaman mereka sudah banyak. Bagaimana mengemas produknya, rasanya, tidak kalah. Belanjalah, satu atau dua produk karena UMKM ini juga milik kita,” katanya.

Senda, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sleman, Pustopo mengatakan bahwa Pasar Lebaran 2021 ini diharapkan bisa meningkatkan minat masyarakat untuk bertransaksi.

Terlebih harga barang yang dijual di pameran ini pun relatif terjangkau.

Ini karena pihaknya mengajak para sponsor untuk ikut serta menyukseskan acara ini dengan memberikan subsidi harga barang.

Di Pasar Lebaran 2021 ini, pihaknya mengajak 100 pelaku UMKM yang tersebar di berbagai wilayah di Kabupaten Sleman. Dari jumlah itu, terdapat ratusan produk yang dijual. Meliputi produk fesyen, kuliner hingga craft dan aksesoris.

Mereka menempati area dua lantai, di mana lantai 1 sebagian besar diisi oleh produk kuliner, sementara lantai 2 diisi oleh produk fesyen dan craft.

Pameran ini berlangsung mulai tanggal 29 April 2021 hingga 2 Mei 2021. Selain luring, pameran ini juga bakal tersedia secara daring, melalui virtual tour yang bisa mulai diakses pada 1 Mei hingga 21 Mei 2021.

Pustopo memastikan bahwa acara ini digelar dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Semisal penggunaan masker, hand sanitizer serta penerapan transaksi melalui uang digital. Pihaknya juga sudah memperoleh izin dari Satgas Covid-19 Kabupaten Sleman. (*)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *